Konten Podcast Spotify Bakal Berbasis Langganan?

Konten Podcast Spotify Bakal Berbasis Langganan?

Josina - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 17:14 WIB
spotify
Foto: Unspslah/Sara Kurfess
Jakarta -

Spotify tampaknya tertarik untuk meluncurkan layanan podcast berlangganan di mana akan menawarkan pengguna akses ke tayangan eksklusif dengan biaya bulanan.

Hal ini dilaporkan oleh Presiden Variety's Intelligence Platform Andrew Wallenstein di mana layanan podcast premium dijelaskan dalam survei yang dikirim melalui aplikasi Spotify.

Dalam survei tersebut dijelaskan setidaknya ada empat kemungkinan paket podcast langganan. Mulai dari harga murah USD 3 perbulannya. Paket murah ini akan mencakup akses ke wawancara dan episode eksklusif, namun akan tetap ada iklan di dalamnya.

Dan untuk paket mahal USD 8 akan mencakup akses ke konten dengan berkualitas tinggi dan tidak akan iklan dalam paket ini. Selain itu dari paket-paket tersebut tidak akan menyertakan akses ke langgan musik premium Spotify.

Dilansir detikINET dari The Verge, Senin (9/11/2020) seorang juru bicara Spotify mengatakan bahwa ini masih dalam tahap survei dan tidak boleh dianggap sebagai rencana produk yang nyata.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah survei dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami. Beberapa di antaranya akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting, " kata juru bicara tersebut.

Artinya tidak ada jaminan bahwa Spotify akan menindaklanjuti dengan meluncurkan layanan tersebut. Sebab Spotify kerap melakukan survei terhadap pengguna tentang produk baru yang potensial dan mungkin akan membuat suatu hal baru dari hasil survei tersebut.

Meski demikian Spotify mungkin mempertimbangkan untuk meluncurkan semacam paket podcast langganan, meskipun itu tidak selalu mengambil bentuk persis seperti yang dijelaskan di sini.

Spotify telah melakukan investasi besar dalam pembuatan podcast selama dua tahun terakhir. Perusahaan mengakuisisi beberapa produser podcast besar, termasuk Gimlet, Parcast dan The Ringer, menandatangani kesepakatan podcast eksklusif dengan Michelle Obama, Kim Kardashian West dan Joe Rogan, serta semakin mempromosikan podcast di dalam aplikasinya.

Podcast menawarkan peluang yang menguntungkan bagi Spotify karena tidak perlu membayar biaya lisensi dan royalti untuk streaming, tetapi masih dapat menghasilkan uang dari langganan dan iklan yang dimasukkan aplikasi yang diputar di sekitarnya.



Simak Video "Album BTS 'BE' Rajai Tangga Musik iTunes dan Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)