Telegram Kedatangan Sederet Fitur Baru, Apa Saja?

Telegram Kedatangan Sederet Fitur Baru, Apa Saja?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 07:41 WIB
Fitur Baru Telegram
Telegram Kedatangan Sederet Fitur Baru, Apa Saja? Foto: Telegram
Jakarta -

Telegram mungkin tidak sepopuler WhatsApp, tapi aplikasi messaging ini memiliki ratusan juta pengguna setia. Untuk memudahkan penggunanya, aplikasi besutan Pavel Durov ini menghadirkan banyak fitur baru.

Dikutip detikINET dari blog resmi Telegram, Selasa (3/11/2020) dengan update baru ini, pengguna Telegram bisa menyematkan (pin) beberapa pesan sekaligus di dalam chat.

Pengguna bisa berpindah antara pesan yang telah di-pine dengan mengetuk bar yang ada di bagian atas atau menggunakan tombol baru untuk melihat semua pesan yang di-pin di halaman terpisah. Selain di channel dan grup, fitur pin pesan kini bisa digunakan di chat individu.

Telegram juga membawa peningkatan untuk fitur Live Locations. Sekarang jika teman di Telegram membagikan lokasi mereka, pengguna bisa mengatur notifikasi untuk memberi tahu jika si teman sudah dekat. Selain itu, ikon di peta juga akan menunjukkan arah mereka berjalan.

Pengguna Telegram yang suka berbagi musik lewat chat bisa memanfaatkan fitur Playlist. Ketika pengguna mengirimkan banyak musik sekaligus, musik akan disusun ke dalam playlist agar lebih mudah untuk didengarkan atau untuk dikomentari.

Membuka salah satu lagu akan langsung memasukkan lagu lainnya ke dalam daftar putar di pemutar musik built-in Telegram. Mengirimkan banyak file secara bersamaan juga akan menampilkannya dalam bentuk chat bubble. Sama seperti album foto, pengguna akan bisa memilih lagu atau file satu per satu.

Admin channel di Telegram sekarang juga bisa mengakses statistik dari postingan di channel-nya, sekaligus daftar channel publik yang menjadi tujuan pesan yang diteruskan. Fitur ini tentu membantu admin untuk mengetahui bagaimana performa postingannya di channel.

Khusus untuk pengguna Telegram di Android, kalian akan melihat animasi baru yang muncul saat mengirimkan pesan dan mengganti lagu di pemutar musik.

Selain itu, fitur lainnya yang khusus untuk Android adalah kemampuan untuk mengedit dan mengirimkan kembali foto yang diterima tanpa perlu mengunduh dan mengunggahnya lagi. Cukup ketuk tombol kuas yang ada saat melihat foto yang diterima untuk mengedit gambar.

Karena deretan fitur ini diluncurkan sebelum Halloween, Telegram juga menyediakan stiker animasi baru dengan tema menyeramkan seperti laba-laba, peti mati, kelelawar dan lain-lain. Terakhir, Telegram mengenalkan emoji animasi Jackpot dengan mengirimkan emoji mesin slot.

Saat ini fitur-fitur baru Telegram tersebut telah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store, masing-masing untuk perangkat Android dan iOS.



Simak Video "Pesan Bisu hingga Slow Mode Jadi Fitur Terbaru Telegram"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)