WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Hapus Pesan Otomatis

WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Hapus Pesan Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 16:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Ungkap Cara Kerja Fitur Hapus Pesan Otomatis Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp saat ini masih mengembangkan fitur hapus pesan otomatis atau Disappearing Messages. Fitur ini sepertinya akan segera diluncurkan dalam waktu dekat karena WhatsApp baru saja mengungkap fakta dan cara kerja fitur Disappearing Messages.

Dikutip detikINET dari WABetaInfo, Senin (2/11/2020) dalam bagian FAQ di situsnya, WhatsApp mengumumkan fitur Disappearing Messages akan hadir ke iOS, Android, KaiOS, dan web atau desktop.

Begitu fitur ini diaktifkan, semua pesan yang dikirimkan baik lewat chat individu maupun grup akan otomatis menghilang setelah jangka waktu tertentu. Pengguna akan memiliki kontrol untuk mengaktifkan fitur ini di chat tertentu, jadi tidak akan diaktifkan di semua chat.

Versi pertama fitur Disappearing Messages (sebelumnya bernama Expiring Messages) memungkinkan pengguna untuk memilih kapan pesan tersebut bisa terhapus otomatis, tapi WhatsApp mengubah aturan tersebut.

Kini jika pengguna mengaktifkan fitur Disappearing Messages, semua pesan akan terhapus otomatis setelah tujuh hari, tanpa ada opsi untuk mengubah jarak waktunya.

Fitur Disappearing Messages di WhatsAppFitur Disappearing Messages di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Ada beberapa poin penting yang diungkap WhatsApp dalam halaman FAQ tentang fitur hapus pesan otomatis ini:

- Jika pengguna tidak membuka aplikasi WhatsApp dalam tujuh hari, pesan tersebut tetap akan menghilang. Tapi preview pesan masih akan ditampilkan di notifikasi sampai aplikasi WhatsApp dibuka kembali.

- Ketika membalas pesan, pesan awal akan dikutip. Jika pengguna membalas pesan yang mengulang, pesan yang dikutip masih akan ada di chat setelah tujuh hari.

- Jika pesan yang menghilang secara otomatis diteruskan ke chat dengan fitur Disappearing Messages dimatikan, pesan itu tidak akan menghilang di chat yang diteruskan.

- Jika pengguna membuat backup sebelum pesan menghilang secara otomatis, pesan itu akan disimpan di dalam backup. Pesan yang otomatis menghilang akan dihapus ketika pengguna me-restore dari backup.

Selain menjelaskan cara kerja fitur Disappearing Messages, WhatsApp juga menyarankan pengguna untuk menggunakannya dengan hati-hati dan hanya dengan individu yang dipercaya karena:

- Penerima mungkin akan meneruskan atau mengambil screenshot pesan dan menyimpannya sebelum terhapus otomatis.

- Penerima mungkin menyalin dan menempel konten dari pesan sebelum terhapus otomatis.

- Penerima mungkin mengambil foto dari pesan menggunakan kamera atau perangkat lainnya sebelum terhapus otomatis.

WhatsApp juga memperingatkan pengguna tentang opsi Save to Camera Roll. Jika fitur ini diaktifkan maka pesan yang akan terhapus mungkin tersimpan otomatis di aplikasi Photos.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)