Google Play Store Uji Coba Fitur untuk Bandingkan Aplikasi

Google Play Store Uji Coba Fitur untuk Bandingkan Aplikasi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 19:34 WIB
Ilustrasi google play store, Ilustrasi play store
Google Play Store Uji Coba Fitur untuk Bandingkan Aplikasi (Foto: Dok. detikINET)
Jakarta -

Google sedang menguji coba fitur yang akan memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi baru di Play Store. Fitur ini akan membandingkan perbedaan fitur dan metrik aplikasi yang serupa sehingga pengguna bisa memilih dengan lebih mudah.

Fitur ini pertama kali dilihat oleh situs Android Police di Play Store versi 22.4.28. Lebih spesifiknya, fitur ini berada di halaman aplikasi VLC Player di Play Store.

Dikutip detikINET dari TechCrunch, Jumat (30/10/2020) fitur bernama 'Compare Apps' ini berada di bawah halaman aplikasi di Play Store. Contohnya di halaman aplikasi VLC Player, di bagian bawah setelah detail dan ulasan pengguna akan melihat grafik yang membandingkan VLC Player dengan aplikasi serupa.

Metrik yang ditampilkan mencakup berbagai aspek seperti 'Ease of Use' atau kemudahan saat digunakan, dukungan untuk memutar video offline, dan fitur spesifik lainnya seperti kualitas video, kontrol dan lain-lain.

Fitur Compare Apps di Google Play StoreFitur Compare Apps di Google Play Store Foto: Android Police

Sebelum ada fitur Compare Apps ini, Google Play Store biasanya menampilkan 'similar apps' atau aplikasi yang serupa di bagian bawah halaman aplikasi. Tapi jika pengguna ingin meriset aplikasi mana yang sesuai dengan keinginan, mereka harus membuka aplikasi tersebut satu-satu dan membaca deskripsi dan ulasannya.

Dengan fitur Compare Apps, semua detail tersebut ditampilkan dalam satu tempat, sehingga pengguna bisa dengan mudah menentukan pilihan dan mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Fitur ini kemungkinan memanfaatkan data yang didapat Google Play Store dari pertanyaan untuk pengguna saat mengulas aplikasi, tapi aspek tersebut masih belum jelas saat ini. Selain itu, Google juga menggunakan data yang sudah mereka miliki seperti rating aplikasi dan berapa jumlah unduhan aplikasi tersebut.

Google telah mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa mereka sedang menguji coba fitur ini, tapi baru dalam skala kecil. Sayangnya mereka belum memiliki rencana untuk menggulirkannya secara lebih luas dalam waktu dekat.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)