WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Foto Otomatis

WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Foto Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 05:20 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Foto Secara Otomatis Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

WhatsApp sepertinya sedang menguji coba fitur baru bernama Expiring Media. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghilangkan foto dan video yang mereka kirimkan secara otomatis.

Dikutip detikINET dari NDTV, Rabu (23/9/2020) situs WABetaInfo yang pertama kali menemukan fitur ini. Fitur ini merupakan bagian dari update baru yang didaftarkan WhatsApp ke Google Play Beta Program untuk versi 2.20.201.1.

Fitur Expiring Media sepertinya merupakan ekstensi dari fitur Expiring Messages yang saat ini juga masih dalam tahap uji coba. Dengan fitur Expiring Media, ketika pengguna mengirimkan file media (foto, video atau GIF), file tersebut akan menghilang secara otomatis setelah penerima pesan meninggalkan chat.

Dari salah satu screenshot terlihat bahwa fitur ini bisa diakses lewat tombol yang mirip seperti timer. Setelah menambahkan media yang ingin dikirimkan, pengguna harus menekan tombol tersebut jika ingin pesannya menghilang secara otomatis.

WhatsApp Expiring MediaWhatsApp Expiring Media Foto: WABetaInfo

Pengguna tidak perlu mengatur timer karena foto atau video akan langsung menghilang setelah dilihat oleh penerima pesan. Foto dan video yang menghilang tidak akan diganti dengan pesan seperti 'Media ini telah kedaluwarsa', seperti pesan WhatsApp yang dihapus.

WhatsApp Expiring MediaWhatsApp Expiring Media Foto: WABetaInfo

Media yang akan menghilang secara otomatis akan ditampilkan dengan ikon timer yang menunjukkan bahwa media tersebut akan menghilang secara otomatis setelah dilihat.

Saat ini, fitur Expiring Media baru tersedia di WhatsApp untuk Android. Tapi fitur ini tentu akan segera menyambangi WhatsApp untuk iOS.

Fitur Expiring Media di WhatsApp sekilas mirip dengan fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau video lewat DM yang bisa menghilang secara otomatis.

WhatsApp belum menyediakan informasi lebih lanjut tentang fitur Expiring Messages atau Expiring Media. Jadi belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan untuk seluruh pengguna WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp Punya Beragam Fitur Baru, Sudah Tahu Belum?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)