Ikuti Instagram, YouTube Rilis Saingan TikTok

Ikuti Instagram, YouTube Rilis Saingan TikTok

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 14:08 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 12:  The YouTube logo appears on screen before a keynote address by Vice President of Global Content Partnerships at YouTube Robert Kyncl at the 2012 International Consumer Electronics Show at the Las Vegas Hotel & Casino January 12, 2012 in Las Vegas, Nevada. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs through January 13 and features more than 3,100 exhibitors showing off their latest products and services to about 140,000 attendees.  (Photo by Ethan Miller/Getty Images)
YouTube Rilis Saingan TikTok. Foto: GettyImages
Jakarta -

Pekan ini, YouTube secara resmi mengumumkan Shorts, fitur video pendek yang mirip dengan TikTok. Versi beta dari produk ini dijadwalkan rilis di India sebentar lagi.

Dikutip dari CNN Business, YouTube berencana menghadirkan Shorts ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan ke depan, dan menambahkan sejumlah fungsi.

Disebutkan YouTube, Shorts akan menjadi tool buat para kreator konten membuat video pendek yang menarik menggunakan ponsel. Fiturnya antara lain menggabungkan beberapa adegan, menambahkan musik, menggunakan timer untuk merekam videos hands-free, pokoknya sangat mirip dengan TikTok.

Adapun alasan YouTube meluncurkan Shorts di India, tentu saja merupakan bagian dari strateginya menggaet pengguna. Untuk diketahui, sejak Juni lalu India melarang TikTok dan sejumlah aplikasi asal China lainnya karena alasan keamanan nasional.

Alhasil, para TikToker India mencari platform alternatif TikTok untuk bisa berekspresi dan berkreasi. Di sinilah YouTube melihat peluang mengakuisisi para TikToker untuk menggunakan Shorts.

YouTube bukan satu-satunya raksasa media sosial yang ikut-ikutan merilis aplikasi video pendek untuk menyaingi kepopuleran TikTok. Bulan lalu, Instagram mengumumkan Reels yang juga punya sejumlah fitur TikTok.



Simak Video "YouTube Bantu Pengiklan Gaet Konsumen Lewat Inovasi Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)