Tolak Lamaran Microsoft, TikTok Berlabuh ke Oracle?

Tolak Lamaran Microsoft, TikTok Berlabuh ke Oracle?

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 11:52 WIB
aplikasi tiktok
Tolak Lamaran Microsoft, TikTok Berlabuh ke Oracle? (Foto: Unsplash/Kon Karampelas)
Jakarta -

Oracle terpilih sebagai penawar untuk membeli operasional TikTok di AS. Sebelumnya, Microsoft mengumumkan tawarannya membeli TikTok telah ditolak ByteDance.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Oracle akan diumumkan sebagai mitra terpercaya TikTok di AS. Sumber tersebut menambahkan, kesepakatan di antara TikTok dan Oracle akhirnya tidak akan disusun sebagai penjualan langsung.

Kabar pembelian Oracle atas operasional TikTok di AS akan mengakhiri ketidakjelasan nasib aplikasi berbagi video tersebut. Pembelian TikTok terjadi beberapa hari sebelum 20 September, hari ketika pemerintahan Presiden AS Donald Trump menetapkan larangan operasi TikTok jika tidak mencapai kesepakatan dengan pembeli.

Sebelumnya, Microsoft secara resmi mengumumkan pihaknya gagal membeli TikTok. ByteDance menolak tawaran raksasa software tersebut untuk membeli operasional TikTok di AS.

"ByteDance mengabarkan kepada kami bahwa mereka tidak akan menjual operasional TikTok AS ke Microsoft. Kami yakin proposal kami akan baik untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional," kata Microsoft dalam blog resminya.

Microsoft tidak merinci perubahan apa yang mereka diusulkannya. Namun pengumuman Microsoft ini datang setelah laporan China Morning Post akhir pekan kemarin bahwa ByteDance tidak mau menjual algoritma kepada pembeli AS.

Kabar ini cukup mengejutkan, mengingat Microsoft yang bekerja sama dengan Walmart terlihat sebagai pembeli potensial sejak awal. Namun dalam prosesnya, seorang sumber yang mengetahui masalah ini menyebutkan bahwa diskusi menjadi dingin.



Simak Video "ByteDance Tegaskan TikTok Tidak Dijual ke Microsoft atau Oracle"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)