Digitalisasi Layanan, Pos Indonesia Rilis Aplikasi QPosinAja

Digitalisasi Layanan, Pos Indonesia Rilis Aplikasi QPosinAja

Inkana Putri - detikInet
Selasa, 08 Sep 2020 20:05 WIB
Pos Indonesia
Foto: Dok. Pos Indonesia
Jakarta -

Tren gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini cenderung ke arah online (digital lifestyle). Apalagi berkat adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan orang-orang untuk menjaga jarak interaksi. Hal ini mempengaruhi pemanfaatan teknologi digital yang meningkat pesat di berbagai sektor ekonomi, salah satunya logistik.

Salah satu perusahaan logistik, Pos Indonesia, pun melakukan digitalisasi pada layanannya dengan meluncurkan aplikasi QPosinAja. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mengirim barang melalui pemesanan online.

"Sebagai pemain usaha di sektor yang penting dalam pendistribusian barang, Pos Indonesia dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif memanfaatkan teknologi berbasis digital untuk menjalankan setiap rantai kegiatan bisnis, hal ini kita tekankan pada layanan yang telah di digitalisasi melalui aplikasi QPosinAja," ujar Vice President Product Management & Marketing Pos Indonesia, Tata Sugiarta dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

Aplikasi QPosinAja dari Pos Indonesia menawarkan berbagai kemudahan untuk para pengguna, seperti menginput data pengiriman secara mandiri dan melakukan permintaan penjemputan barang ke lokasi pengiriman.

Selain itu aplikasi ini juga telah dilengkapi fitur tracking pemesanan dan cek tarif untuk membantu pengguna mengestimasikan biaya. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur cash on delivery (COD) sehingga ketika barang telah sampai di tangan mereka, pembayaran bisa dilakukan secara tunai.

"Melalui peluncuran aplikasi QPosinAja diharapkan menjadi titik awal yang baik untuk Pos Indonesia dalam mendigitalisasi rantai kegiatan bisnis dan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses pengiriman barang juga merespon upaya pemerintah dalam mengoptimalkan pemanfaat teknologi di sektor logistik ini sendiri," pungkas Tata.

(prf/ega)