Instagram Akan Sarankan Unggahan yang Menarik di Feed

Instagram Akan Sarankan Unggahan yang Menarik di Feed

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 23 Agu 2020 07:25 WIB
Instagram suggested posts
Instagram Akan Sarankan Unggahan yang Menarik di Feed Foto: Instagram
Jakarta -

Instagram akan mengembangkan feed pengguna dengan meluncurkan fitur 'suggested posts'. Fitur ini akan menyarankan konten dari akun yang tidak diikuti pengguna, tapi Instagram pikir akan disukai pengguna, dan akan muncul di bagian paling akhir feed.

Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa terus-terusan menjelajahi feed-nya tanpa batas. Sebelumnya, feed Instagram selalu berakhir setelah pengguna melihat semua konten dalam dua hari terakhir dari akun yang diikuti dan akan muncul pesan 'You're All Caught Up'.

Dengan suggested posts, pengguna memiliki opsi untuk terus scrolling melewati pesan tersebut jika ingin melihat lebih banyak konten lagi. Pesan tersebut masih akan muncul di akhir feed, dengan opsi untuk melihat konten lama yang telah dilihat sebelumnya.

Dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (23/8/2020) konten yang disarankan Instagram di feed akan berbeda dengan yang muncul di tab Explore.

Head of Product of Instagram Home Julian Gutman mengatakan konten baru di feed akan terkait degan konten yang sudah diikuti pengguna, sedangkan Explore akan mengarahkan pengguna ke konten yang berkaitan.

Gutman mencontohkan ia mengikuti akun yang mengunggah konten seputar luar angkasa. Instagram akan menyarankan unggahan foto luar angkasa baru dari akun yang tidak ia ikuti, sedangkan halaman Explore akan menampilkan konten yang terkait dengan fisika secara lebih luas.

Suggested posts saat ini hanya menampilkan foto dan video di feed, jadi tidak akan ada konten dari IGTV atau Reels. Instagram juga akan menampilkan iklan sebagai salah satu konten yang direkomendasikan.

Fitur baru ini sepertinya mengubah pandangan Instagram tentang screen time. Dua tahun yang lalu, mantan CEO Instagram Kevin Systrom meluncurkan notifikasi soal akhir feed untuk mengakomodir kesehatan mental penggunanya.

Systrom saat itu mengatakan Instagram mengenalkan notifikasi itu agar pengguna mengetahui waktu yang telah mereka habiskan di Instagram. Tapi dengan suggested posts, pengguna justru akan menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram.

Anak usaha Facebook ini sepertinya mengembangkan fitur ini untuk menyaingi TikTok yang terus mendominasi. Salah satu fitur yang membuat pengguna TikTok betah berlama-lama di aplikasi adalah feed utama dengan konten yang tidak ada habisnya.



Simak Video " Tampilan Instagram Vanessa Angel Tak Bisa Dibuka karena Di-report"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)