Cara Pakai QR Code di Instagram, Fitur yang Baru Diluncurkan

Cara Pakai QR Code di Instagram, Fitur yang Baru Diluncurkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 19 Agu 2020 11:32 WIB
instagram qr code
Instagram Luncurkan Fitur QR Code, Ini Cara Pakainya Foto: Instagram
Jakarta -

Instagram meluncurkan fitur QR code untuk pengguna individu secara global. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan atau mengakses profil dengan memindai QR code lewat aplikasi kamera apapun.

Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (19/8/2020) fitur ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun lalu dan baru sekarang diluncurkan secara global.

Ide di balik fitur ini adalah untuk memudahkan bisnis mencetak QR code miliknya sendiri untuk dipindai oleh pelanggan yang ingin membuka akun Instagram mereka dengan mudah. Dari sana pelanggan bisa melihat jam buka, membeli barang atau hanya mengikuti akun.

Sebenarnya Instagram sudah memiliki fitur serupa bernama Nametag yang bisa membuat kode khusus yang mirip dengan QR code. Tapi kode ini hanya bisa dipindai lewat kamera yang ada di aplikasi Instagram.

Untuk mendapatkan QR code kalian, cukup masuk ke profil akun Instagram lalu tap menu. Opsi QR Code akan ada di menu pop up bersama dengan opsi Archive, Saved dan lain-lain.

Instagram sepertinya masih meluncurkan fitur ini secara bertahap, jadi kalian mungkin akan melihat opsi Nametag di sana. Tapi dengan update berikutnya opsi ini akan digantikan dengan QR code.

Setelah QR code ditampilkan di layar, kalian bisa menyimpan atau membagikan gambarnya. QR code ini bisa dipindai menggunakan aplikasi kamera apapun yang mendukung QR code.

Instagram bukan satu-satunya aplikasi yang memiliki sistem QR code sendiri. Ada juga Facebook, Snapchat, Spotify dan Twitter, meski hanya Twitter yang menawarkan QR code sebenarnya.

Tapi di masa pandemi tidak mengejutkan jika Instagram memilih sistem QR code yang lebih terbuka untuk mendorong komunitas tanpa kontak. Restoran misalnya mulai membagikan QR code untuk menggantikan menu mereka.

Serba-serbi Instagram bisa kamu simak di sini.



Simak Video " Tampilan Instagram Vanessa Angel Tak Bisa Dibuka karena Di-report"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)