Telegram Akan Luncurkan Fitur Panggilan Video

Telegram Akan Luncurkan Fitur Panggilan Video

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 16 Agu 2020 12:06 WIB
Telegram panggilan video
Telegram Akan Luncurkan Fitur Panggilan Video Foto: GSM Arena
Jakarta -

Telegram akhirnya membawa fitur panggilan video atau video call ke aplikasi mobile dan versi desktopnya. Pengumuman ini dibuat Telegram bersamaan dengan peringatan tujuh tahun sejak mereka pertama kali beroperasi di tahun 2013.

Dikutip detikINET dari GSM Arena, Minggu (16/8/2020) fitur panggilan video ini masih di tahap alpha di seluruh versi. Sama seperti panggilan suara di Telegram, semua panggilan video yang dilakukan dilindungi enkripsi end-to-end.

Aplikasi asal Rusia ini memiliki cara unik untuk memverifikasi panggilan video yang dibuat yaitu akan ada empat emoji di layar yang muncul untuk pembuat dan penerima panggilan. Jika keduanya mendapat emoji yang sama berarti panggilan tersebut telah dienkripsi.

Fitur panggilan video ini juga mendukung picture-in-picture, jadi pengguna bisa melakukan panggilan video kemudian di-minimize untuk tetap menggunakan aplikasi seperti biasa.

Pengguna bisa beralih ke panggilan suara kapanpun saat melakukan panggilan video. Pengguna juga memiliki opsi untuk tidak mengaktifkan kamera jika diinginkan.

Fitur panggilan video ini telah tersedia di Telegram untuk Android dan iOS. Fitur ini memang telah lama dinanti, dan diluncurkan tepat di saat banyak orang membutuhkan fitur komunikasi yang lebih privat di tengah pandemi virus Corona.

Telegram mengatakan panggilan video di aplikasinya akan mendapatkan lebih banyak fitur dan peningkatan ke depannya. Mereka juga berencana meluncurkan panggilan video grup dalam beberapa bulan ke depan.

Pada bulan April lalu Telegram memang sudah mengumumkan akan meluncurkan fitur panggilan video grup yang aman dan mudah digunakan. Mereka bahkan menyerang Zoom yang beberapa bulan lalu sering ditimpa masalah keamanan.

Selain fitur panggilan video, Telegram juga meluncurkan lebih banyak emoji animasi baru. Untuk menampilkan emoji ini di chat, cukup kirimkan pesan dengan satu emoji.



Simak Video "Artis Korsel Dibuat Geram Atas Kasus Eksploitasi Seksual 'Nth Room'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/jsn)