Aplikasi di Huawei AppGallery Semakin Kaya, Ini Daftarnya

Aplikasi di Huawei AppGallery Semakin Kaya, Ini Daftarnya

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Rabu, 22 Jul 2020 18:35 WIB
Huawei AppGallery
Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Dalam Acara Peluncuran Global Huawei P40 Series (P40, P40 Pro, dan P40 Pro+) pada 26 Maret lalu, Huawei mengumumkan perkembangan terkini terkait dengan ekosistem dan aplikasi Huawei Mobile Services (HMS). Para pengembang kini diperbolehkan untuk berkolaborasi dengan Huawei dalam upaya memperluas ekosistem HMS.

Dengan peluncuran seri ponsel flagship terbarunya, ekosistem HMS dirancang agar dapat memberikan lebih banyak manfaat kepada penggunanya dengan pengalaman yang lebih kaya, cerdas, efisien, dan aman. HMS adalah aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkat. Di mana salah satu layanannya adalah Huawei AppGallery yang memungkinkan para pengguna mendapatkan beragam aplikasi hingga games.

Huawei AppGallery merupakan platform distribusi aplikasi resmi Huawei, yang juga menjadi pasar aplikasi pertama di dunia dengan sistem verifikasi identitas pengembang. Aplikasi tersebut dilengkapi sistem deteksi empat lapis untuk memastikan keamanan aplikasi, serta memanfaatkan algoritma pengguna untuk memungkinkan rekomendasi konten yang menarik serta bermanfaat.

Terdapat pula fitur pendukung untuk mengunduh aplikasi tanpa harus mengkhawatirkan masalah keamanan. Pengguna juga bisa mencoba berbagai layanan aplikasi di Huawei AppGallery, seperti rekomendasi, pencarian, instalasi, manajemen, dan layanan berbagi, dan membantu pengembang memaksimalkan nilai bisnis aplikasi mereka. Adapun beberapa layanan yang tersedia di HMS adalah sebagai berikut.

Huawei Browser

Layanan ini merupakan default browser yang disematkan pada semua smartphone Huawei. Saat ini sudah ada 200 juta lebih pengguna aktif setiap bulannya dari default browser Huawei. Selain itu layanan ini juga menjadi jembatan untuk beragam layanan dan fitur lainnya.

Huawei Assistant

Layanan Huawei Assistant menawarkan newsfeed, kalender, alarm, dan banyak fungsi bersifat personal. Pengembang juga bisa memanfaatkan layanan ini dengan menghubungkan layanan mereka ke Huawei Assistant yang sudah memiliki 160 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Huawei Music

Huawei Music adalah aplikasi yang dibuat oleh Huawei untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik berkualitas tinggi dan sebagai 'one-stop shop music experience'. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menikmati lagu secara global maupun juga radio. Huawei secara resmi juga mengumumkan aplikasi musiknya sudah tersedia di 117 negara, termasuk Indonesia dengan paket dasar.

Huawei Video

Layanan ini menyediakan fitur bagi penggunanya untuk menonton streaming film dalam genggaman melalui smartphone dan perangkat tablet Huawei. Namun, saat ini Huawei Video baru tersedia di negara Italia dan Spanyol. Terdapat berbagai pilihan konten yang dapat ditonton seperti seri, film, dokumenter dengan topik-topik yang tentunya menghibur pengguna. Beberapa konten pun diberikan secara gratis dan sebagian besar bisa dilihat dengan metode berlangganan bulanan.

Huawei Mobile Cloud

Layanan ini merupakan tempat penyimpanan data di cloud untuk perangkat Huawei yang sudah aktif untuk wilayah Asia Pasifik sejak bulan November 2019. Layanan ini menawarkan kapasitas penyimpanan di cloud sebesar 5GB. Huawei Mobile Cloud di P40 Series juga mendukung pencadangan data otomatis untuk telepon yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan 18 jenis data untuk perangkat, termasuk data galeri, kontak, kalender, WLAN dan masih banyak lagi.

Pengguna juga dapat memulihkan data yang telah tersinkronisasi di beberapa perangkat. Data penting pada perangkat Huawei yang masuk ke dalam Huawei ID yang sama dapat disinkronisasi secara real time, sehingga pengguna dapat mengelola data dengan praktis dan aman. Terdapat pula fitur 'Find My Phone' di Huawei Mobile Cloud P40 Series.

Huawei Quick App

Layanan yang memungkinkan pengguna agar bisa mengakses aplikasi tanpa mengunduhnya. Quick App dapat menjadi solusi bagi perangkat dengan kapasitas penyimpanan internal yang kecil. Saat ini, sudah ada sekitar 2.500 pengembang yang menghubungkan layanan mereka melalui platform ini.

Huawei AppGalleryHuawei AppGallery Foto: Dok. Huawei

Kemudian, Huawei P40 Series juga telah disematkan sebelumnya dengan AppGallery yang menyediakan pengalaman fresh bagi penggunanya dengan beragam pilihan aplikasi. HMS dan AppGallery terus diperbarui serta dikembangkan untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. Saat ini pun, HMS telah tersedia tersedia di lebih dari 170 negara dengan 400 juta pengguna aktif bulanan, serta mitra & pengembang yang mencapai lebih dari 1,3 juta.

Huawei AppGallery didukung oleh berbagai aplikasi mulai dari bank dan pembayaran digital untuk mempermudah berbagai transaksi, beberapa aplikasi dari e-commerce untuk membuat pengguna dapat berbelanja dengan mudah, aplikasi dari perjalanan untuk memudahkan pengguna dalam bepergian, aplikasi hiburan, serta aplikasi lainnya seperti Info BMKG, CGV Blitz, dan seterusnya.

Adapula berbagai aplikasi ekspedisi, seperti J&T dan My JNE yang memudahkan pengguna dalam aktivitas pengiriman, empat aplikasi dari penyedia layanan telekomunikasi juga tersedia bagi pengguna Huawei agar bisa mengelola paket internet dengan praktis. Selain itu, terdapat aplikasi berita yang tersedia di AppGallery seperti detikcom, CNNIndonesia serta media lainnya, dan aplikasi makanan & minuman yaitu Fore yang juga sudah tersedia di AppGallery.

Di samping itu Huawei juga telah menghadirkan HERE WeGo, yaitu aplikasi smartphone Huawei yang berfungsi untuk menunjukkan arah atau letak suatu tempat di Indonesia. Dengan berkembangnya HMS, hadirnya HERE WeGo layanan AppGallery pun semakin kaya.

Aplikasi HERE WeGo memiliki berbagai fitur menarik, seperti navigasi voice command, peta offline dan berbagai informasi tentang angkutan umum yang tersedia di lebih dari 1.300 kota di dunia. Fitur HERE WeGo yang paling menarik memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta secara offline. Tentunya hal ini bermanfaat jika pengguna sedang berpergian ke suatu tempat yang tidak memiliki jangkauan internet. Peta offline ini pun juga tersedia di lebih dari 100 negara.

Selain itu, pengguna juga dapat mencari serta mengunduh berbagai aplikasi yang mendukung kesehariannya mulai dari aplikasi pengirim pesan WhatsApp hingga media sosial seperti Instagram dengan mudah di Petal Search Widget - Find Apps. Hadirnya fitur ini semakin memperkaya pengalaman penggunaan smartphone terutama dengan baru diluncurkannya Huawei Seri P40.

(prf/fay)