Spotify Luncurkan FItur Video Podcast

Spotify Luncurkan FItur Video Podcast

Josina - detikInet
Rabu, 22 Jul 2020 21:14 WIB
Ilustrasi Spotify
Spotify Luncurkan FItur Video Podcast. (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Spotify kini sudah mendukung fitur video untuk layanan podcastnya, dimulai dengan beberapa acara yang sudah dapat ditonton oleh sebagian besar pengguna baik yang gratisan maupun premium.

Saat mengumumkan fitur ini Spotify mengatakan bahwa semua pengguna kini tak hanya dapat mendengarkan acara podcast saja tapi juga bisa menonton mereka baik di desktop maupun seluler.

Dilansir detiKINET dari The Verge, untuk saat ini hanya konten podcast tertentu yang dapat memposting video ke Spotify, kebanyakan podcast tidak akan dapat menggunggah rekaman video mereka sendiri.

Video akan diputar secara otomatis ketika pengguna menekan pemutaran dan mereka akan menyinkronkan dengan umpan audio. Jadi jika pengguna keluar dari aplikasi Spotify atau mengunci layar perangkat saat video sedang ditonton, maka audio yang akan terus melanjutkan konten podcast tersebut.

Perilisan fitur ini pun sudah banyak diprediksi pasalnya pada bulan Mei lalu Spotify mengumumkan kesepakatan dengan lisensi eksklusif bersama komedian terkenal Joe Rogan salah satu podcaster terpopuler di dunia yang merilis versi video dari acaranya di YouTube.

Spotify pertama kali memulai pengujian fitur podcast video dengan dua bintang YouTube Zane Hijazi dan Heath Hussar, pembawa acara dari Zane dan Heath: Unfiltered. Pada saat itu sebuah sumber mengatakan bahwa Spotify akan meluncurkan fungsionalistas podscat video dengan cepat.

Hadirnya fitur baru Sptofity tentu bisa menjadi pesaing berat YouTube dalam konten podcasting. Kreator dapat mempromosikan Spotify sebagai tempat bukan hanya tempat mengunduh atau melakukan streaming acara mereka tetapi juga untuk menontonnya, sehingga membuat platform tersebut menjadi lebih populer di YouTube.

Namun, podcaster kemungkinan akan terus mengunggah acara mereka di YouTube jika hanya untuk untung dari iklan yang disisipkan Google dan untuk mendapatkan keuntungan dari pencarian dan kemudahan ditemukan.

Tetapi dengan Spotify, mereka dapat menjangkau lebih banyak pendengar di tempat di mana mereka mungkin sudah mendengarkan podcast.



Simak Video "Langganan Netflix hingga Spotify Kena Pajak 10% Mulai 1 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)