Google Classroom di HP, Login dan Cara Memakainya

Aplikasi untuk Sekolah

Google Classroom di HP, Login dan Cara Memakainya

Lusiana Mustinda - detikInet
Senin, 13 Jul 2020 21:38 WIB
Google Classroom
Google classroom. Foto: istimewa
Jakarta -

Google classroom menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk proses belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19 selama sekolah di wilayah zona kuning, oranye dan merah belum dibuka.

Platform ini dikeluarkan oleh Google dan bisa menjadi perantara interaksi antara guru dengan murid sehingga memudahkan untuk memberikan materi dan juga ujian. Google Classroom tidak hanya dapat diakses melalui laptop tetapi juga dengan piranti smartphone.

Untuk login Google Classroom dengan email, pengguna harus berusia di atas 13 tahun sehingga anak-anak di bawah usia tersebut perlu dibantu membuat akun oleh orang tuanya. Persyaratan usia ini tidak berlaku jika sekolahnya terdaftar di domain G Suite for Education.

Berikut cara menggunakan Google Classroom:

1. Bikin Akun


Jika menggunakan smartphone sebaiknya download terlebih dulu Google Classroom di Playstore. Setelah itu buat akun terlebih dulu. Ada tiga pilihan akun yang diberikan, yaitu akun sekolah, akun Google pribadi, atau akun G suite.

2. Masuk ke Google Classroom


Untuk memulai Google Classroom masuk ke situs classroom.google.com.

3. Cara Menggunakannya


Pilih 'Buka Classroom' dan masuk menggunakan akun Gmail. Tap 'Terima' dan akan tertera pilihan Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar, pilihlah yang sesuai. Kemudian tap 'Mulai'.

Seorang pengajar dengan Google Classroom dapat membuat kelas. Sementara siswa hanya dapat bergabung di kelas yang dibuat oleh pengajar. Selamat belajar dan mencoba Google Classroom di HP!



Simak Video "'Google Classroom', Maksimalkan Study From Home dalam Satu Platform"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)