Google Classroom: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Google Classroom: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Puti Yasmin - detikInet
Senin, 08 Jun 2020 22:11 WIB
Google Classroom
Google Classroom: Pengertian dan Cara Menggunakannya (Foto: istimewa)
Jakarta -

Aplikasi Google Classroom menjadi salah satu sarana untuk belajar dan mengajar. Aplikasi ini bisa meningkatkan produktivitas anak serta pengajar walaupun secara virtual.

Pasalnya, pengajar bisa membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan dan melihat semua dalam satu aplikasi. Dengan begitu komunikasi belajar dan mengajar bisa lancar.

Berikut cara menggunakanya:

1. Pengertian

Google Classroom adalah aplikasi belajar dan mengajar. Semua orang yang berusia di atas 13 tahun dan memiliki akun Google dapat langsung menggunakannya.

Untuk menggunakanya, download aplikasi google classroom untuk laptop di Chrome maupun di Hp, seperti Apple iOS dan Android. Biaya yang dipungut adalah Rp 0 alias gratis.

2. Cara Menggunakannya

Cara menggunakan Google Classroom dengan membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga pilihan akun yang diberikan, yakni akun sekolah, akun Google pribadi, atau akun G suite (perusahaan).

Pertama-tama, kunjungi situs alamat di classroom.google.com. Lalu klik 'Buka Classroom'. Selanjutnya, masuk Google Classroom dengan Gmail.

Kemudian, jika ada pesan datang, klik 'Terima'. Lalu, jika Anda menggunakan akun G Suite untuk Pendidikan, klik Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar. Terakhir klik 'Mulai'

Pengajar di sini dapat membuat kelas. Sedangkan, siswa hanya dapat bergabung ke kelas yang dibuat oleh sang pengajar.

Selamat mencoba Google Classroom!



Simak Video "'Google Classroom', Maksimalkan Study From Home dalam Satu Platform"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)