Aplikasi Kloningan TikTok Berhenti Bayar Penggunanya

Aplikasi Kloningan TikTok Berhenti Bayar Penggunanya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Jun 2020 10:32 WIB
zynn tiktok
Aplikasi Kloningan TikTok Berhenti Bayar Penggunanya Foto: screenshot
Jakarta -

Zynn, aplikasi video yang disebut kloningan TikTok, tidak akan lagi membayar pengguna yang menonton video di platform-nya. Padahal metode kontroversial ini yang membuat popularitas aplikasi tersebut meroket di App Store dan Play Store.

Dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (18/6/2020) metode pembataran ini diganti dengan sistem imbalan baru bernama Zyncheers. Sistem ini masih akan memberikan pengguna poin setelah menonton video, meninggalkan komentar dan menyukai video.

Yang membedakan dengan sistem sebelumnya adalah poin ini tidak akan bisa ditukarkan, baik itu dengan uang tunai maupun gift card seperti yang ditawarkan Zynn sebelumnya. Di aplikasinya, Zynn mengatakan pengguna akan mendapatkan keuntungan dan imbalan setelah mengumpulkan Zynncheers, tapi tidak dijelaskan apa bentuk imbalan tersebut.

"Kami memiliki beberapa rencana tentang kegunaan Zynncheers, tapi kami membutuhkan lebih banyak ide kalian," tulis Zynn dalam aplikasinya.

Zynn sepertinya masih ingin mengandalkan sistem yang membuat popularitas aplikasinya di Barat, tapi tidak lagi menawarkan uang tunai atau gift card. Kuaishou, perusahaan pencipta Zynn, menggunakan metode pay-to-watch untuk bisa menyaingi TikTok di China.

Keputusan Zynn untuk berhenti membayar penggunanya datang setelah aplikasi ini dihapus dari App Store dan Play Store. Saat dihapus oleh Play Store, Zynn mengatakan hal itu dikarenakan plagiarisme konten video yang dicomot dari beberapa influencer.

Saat itu Zynn tidak mengatakan apakah metode pay-to-watch ini termasuk salah satu penyebabnya. Tapi sepertinya dihilangkannya fitur ini menunjukkan bahwa hal itu menjadi masalah bagi salah satu atau kedua platform.

Zynn pertama kali tersedia di Android dan iOS pada awal Mei dan langsung memuncaki daftar aplikasi paling banyak diunduh. Sensor Tower memperkirakan Zynn telah diunduh 5 juta kali di App Store dan 700.000 kali di Play Store sebelum akhirnya dihapus.



Simak Video "TikTok Hilang dari Play Store dan App Store India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)