Messenger Rooms Meluncur Secara Global, Siap Tantang Zoom

Messenger Rooms Meluncur Secara Global, Siap Tantang Zoom

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 15:41 WIB
Messenger Rooms
Messenger Rooms Meluncur Secara Global, Siap Tantang Zoom (Foto: Facebook)
Jakarta -

Setelah pertama kali diumumkan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg sebulan yang lalu, Messenger Rooms akhirnya meluncur secara global. Layanan panggilan video terbaru dari Facebook ini siap bersaing dengan Zoom, Skype, Google Meet dan Microsoft Teams.

Layanan ini memiliki fitur yang lebih banyak dibanding fungsi panggilan video yang saat ini ada di Messenger. Yang paling penting tentu dukungan untuk membuat panggilan video hingga 50 partisipan lewat desktop maupun mobile.

Dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (15/5/2020) untuk melakukan panggilan di Messenger Rooms bisa dilakukan di aplikasi Messenger untuk mobile dan desktop. Panggilan video pun bisa dilakukan secara gratis tanpa batas waktu.

Facebook mengatakan pengguna yang memulai panggilan bisa membatasi siapa saja yang boleh bergabung. Pengguna juga bisa mengundang partisipan yang tidak memiliki akun Facebook dengan cara membagikan tautan panggilan.

"Kalian bisa memulai dan membagikan Rooms di Facebook lewat News Feed, Groups dan Events, jadi gampang untuk kalian untuk mampir kapan saja," tulis Vice President of Messenger Facebook Stan Chudnovsky dalam blog-nya.

"Kalian bisa memiliki siapa yang bisa melihat dan bergabung dalam Room atau menghapus orang dari Room dan menguncinya jika tidak ingin orang lain bergabung," sambungnya.

Semua fitur panggilan yang telah ada sebelumnya di Messenger masih bisa digunakan seperti biasa. Tapi jika kalian klik opsi 'People' yang ada di Messenger, kalian akan melihat opsi untuk membuat room.

Jika kalian membuat panggilan tersebut publik ke seluruh teman Facebook, panggilan itu akan muncul di bagian atas News Feed semua teman kalian. Jadi lebih berhati-hati saat memilih teman yang ingin diundang.

Soal privasi pengguna, Facebook mengatakan tidak menerapkan enkripsi end-to-end di panggilan yang dibuat di Messenger Rooms. Tapi mereka berjanji tidak akan melihat atau mendengar panggilan yang dibuat.

Facebook berencana untuk menambahkan sejumlah fitur baru untuk Messenger Rooms dalam beberapa bulan ke depan. Perusahaan yang berbasis di Menlo Park ini juga akan mengintegrasikan Messenger Rooms dengan WhatsApp, Instagram Direct dan display pintar Portal.



Simak Video "Messenger Rooms Facebook Ancam Eksistensi Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)