RIP Google Play Music

RIP Google Play Music

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 13 Mei 2020 13:49 WIB
Google Play Music
RIP Google Play Music. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Google akan menutup Google Play Music akhir tahun ini. Sebagai gantinya, pengguna diimbau untuk migrasi ke YouTube Music.

Layanan streaming music buatan raksasa internet itu tampaknya kurang memikat pasar, sehingga pengguna lebih banyak ke Spotify maupun Apple Music. Google pun kini memfokuskan untuk mendorong YouTube Music yang baru berusia empat tahun ini.

Dikutip dari Mashable, Selasa (13/5/2020) Google telah menyiapkan tombol transfer cepat agar memudahkan pengguna beralih ke YouTube Music.

Dengan tombol tersebut, kata Google, pengguna dapat memindahkan perpustakaan musik dan daftar musik mereka dengan mudah ke YouTube Music. Sebelum perpindahan tersebut berhasil, pengguna mengharuskan mengunduh aplikasi YouTube Music terlebih dahulu.

"Untuk saat ini, pengguna masih bisa mengakses ke kedua layanan," ujar Google dalam postingannya.

"Kami ingin memastikan semua orang punya waktu untuk mentransfer konten mereka dan terbiasa dengan YouTube Music. Jadi, kami akan memberikan banyak pemberitahuan kepada pengguna yang tidak lagi memiliki akses ke Google Play Music akhir tahun ini," tutur Google.

Pengguna juga nantinya akan diberikan informasi yang isinya intruksi terperinci tentang cara mulai mentrasfer lengkap dengan riwayat dan konten yang di Google Play Music.

"Anggota Google Play Music Unlimited akan secara otomatis diberikan tingkat yang setara dengan YouTube Premium atau YouTube Premium berdasarkan tingkat manfaat dengan langganan mereka saat ini dengan harga yang sama," sebut Google.

Adapun untuk podcast, perusahaan menyarankan agar pengguna menjajal Google Podcast yang belum lama ini dirilis.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)