Rabu, 04 Mar 2020 22:12 WIB

Google Sembunyikan Hasil Pencarian Aplikasi Virus Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
play store Google Sembunyikan Hasil Pencarian Aplikasi Virus Corona (Foto: istimewa)
Jakarta -

Google mengambil langkah lanjutan terkait penyebaran informasi virus corona di Android, yaitu dengan menyembunyikan hasil pencarian dengan kata kunci tertentu di Play Store.

Sejauh ini kata kunci yang hasil pencariannya disembunyikan adalah 'coronavirus' dan COVID-19', baik di aplikasi Play Store maupun play.google.com. Pencarian dengan kata kunci tersebut akan menampilkan pesan 'no results found', baik di bagian aplikasi ataupun game.

Sementara pencarian pada bagian Movie, TV Show, ataupun buku tetap berfungsi dengan normal, demikian dikutip detikINET dari 9to5Google, Rabu (4/3/2020).

Meski begitu, pencarian dengan kata kunci yang sedikit diubah, misalnya 'COVID19' tetap ditampilkan hasilnya, termasuk aplikasi milik Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Lalu di search bar pun tetap ditampilkan pencarian dengan kata kunci terkait virus corona.

Ada beberapa kemungkinan hal ini dilakukan oleh Google, salah satunya adalah menghindari adanya penyebaran informasi yang salah terkait virus corona dari aplikasi Android. Mungkin saja Google masih mengurasi hasil penarian virus corona di Play Store, sehingga aplikasi milik CDC yang merupakan badan resmi pengendalian penyakit milik pemerintah Amerika Serikat tetap muncul.

Sebelumnya, tepatnya pada Januari lalu, Google mengaktifkan SOS Alert untuk semua pencarian terkait virus corona di mesin pencari mereka. Tujuannya adalah untuk menghindari penyebaran informasi yang tak tepat terkait virus corona dari mesin pencari mereka.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)