Minggu, 17 Nov 2019 13:25 WIB

Microsoft Bunuh Asisten Virtual Cortana

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Di saat era digital semakin melekat digunakan masyarakat, Microsoft justru berencana untuk mematikan aplikasi asisten digital andalan mereka, Cortana.

Dalam pernyataannya, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya ingin menghentikan layanan aplikasi Cortana di perangkat berbasis Android dan iOS pada Januari 2020.



Perusahaan perangkat lunak ini telah memposting terkait akan hilangnya Cortana untuk pengguna di Inggris, Kanada, dan Australia. Begitu juga Microsoft menyebutkan penghentian di pasar Jerman, Meksiko, China, Spanyol, dan India pada 31 Januari mendatang.

"Cortana adalah bagian integral dari visi kami yang lebih luas untuk menghadirkan kekuatan komputasi percakapan dan produktivitas ke semua platform dan perangkat kami," kata juru bicara Microsoft dikutip dari The Verge, Minggu (17/11/2019).

Cortana sendiri diketahui awal kemunculannya pada Windows Phone 8.1 yang mana setelah itu merambah hingga menyambangi Windows 10. Bila dilihat tanggal perilisannya, Cortana baru berusia lima tahun.



"Untuk membuat Cortana membantu kami mengintegrasikan Cortana lebih dalam ke aplikasi produktivitas Microsoft 365 Anda dan bagian dari evolusi ini melibatkan penghentian dukungan untuk aplikasi seluler Cortana di Android dan iOS," jelas Microsoft.

Meski telah mengungkapkan rencana mematikan Cortana di sejumlah pasar, belum jelas berapa lama nafas asisten virtual ini terus beroperasi di kandang mereka sendiri, yakni Amerika Serikat.

Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)