Selasa, 03 Sep 2019 20:45 WIB

Aplikasi Pengganti Wajah Viral, Privasinya Dipertanyakan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Reuters Foto: Dok. Reuters
Jakarta - Ada sebuah aplikasi baru yang tengah viral di China. Nama aplikasinya adalah Zao, yang membuat penggunanya bisa 'menukar' wajahnya dengan wajah selebritis, atlet, atau siapa pun.

Popularitas Zao di China melesat sejak pertama muncul di App Store iOS China pada Jumat (30/8/2019), dan menurut App Annie, Zao langsung menjadi aplikasi gratis paling banyak diunduh di App Store iOS China pada 1 September.

Pengguna Zao perlu mendaftar sebelum bisa menggunakan aplikasi tersebut. Pendaftarannya menggunakan nomor telepon, dan kemudian mereka perlu mengunggah foto wajahnya menggunakan kamera yang ada di ponselnya.

Setelah itu mereka bisa memilih dari jajaran video berisi selebritis yang ada untuk mengganti wajah para artis itu dengan wajahnya sendiri. Video hasilnya kemudian bisa dibagikan ke orang lain.


Dari jajaran artis yang bisa dipilih, selain sejumlah selebritis asal China, ada juga wajah Leonardo DiCaprio dan Marilyn Monroe, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (3/9/2019).

Setelah aplikasinya viral, sejumlah pengguna mulai mempertanyakan kebijakan privasi Zao yang bisa membahayakan pengguna.

Kebijakan yang dipertanyakan itu adalah kalimat pada bagian user agreement yang menyatakan pengguna yang mengunggah wajahnya ke Zao setuju untuk menyerahkan hak properti intelektual terhadap wajah, dan mengizinkan Zao untuk menggunakan wajahnya demi keperluan pemasaran.

Zao pun angkat bicara mengenai masalah ini, dan mengaku akan segera memperbaiki kesalahannya itu.


"Kami mengerti ketakutan pengguna mengenai masalah privasi. Kami sudah menerima berbagai pertanyaan yang anda kirimkan. Kami akan memperbaiki area yang belum kami sadari namun hal itu membutuhkan waktu," tulis Zao.

Sebagai informasi, Zao dibuat oleh Momo Inc, yang sebelumnya dikenal sebagai pembuat aplikasi pencari pasangan yang kemudian berubah menjadi layanan live streaming.

Simak Video "Dentastix, Aplikasi Foto Khusus untuk Anjing"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)