Minggu, 04 Agu 2019 17:09 WIB

Google Assistant Bisa Baca Pesan WhatsApp

Josina - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Kemampuan membaca pesan dari Google Assistant sebelumnya memang sudah ada, namun fungsi tersebut hanya berlaku untuk membaca pesan dari SMS dan Hangouts. Kini, fungsi tersebut diperluas ke layanan chat lain.

Dengan fungsi yang baru, Google Assistant bisa membaca pesan dari aplikasi ketiga seperti WhatsApp, Telegram, Slack, Discord, GroupMe, dan sebagainya.

Dilansir detikINET dari Android Police, Minggu (4/8/2019), fitur ini sudah mulai berjalan sejak beberapa hari terakhir dan fitur ini tidak hanya berfungsi untuk membacakan teks tetapi juga memungkinkan pengguna untuk membalasnya.



Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memberikan izin kepada perangkat untuk memberikan akses pemberitahuan aplikasi Google agar fitur dapat berfungsi.

Setelah itu, katakan 'Baca Pesan Saya' ke Google Asisstant, maka akan muncul sebuah kartu dengan pesan teks terakhir yang diterima, lalu akan dibaca dengan suara keras, termasuk dari aplikasi mana pesan tersebut dan juga nama pengirimnya.

Kemudian, pengguna akan diberikan opsi untuk mengetik atau menentukan sebuah balasan pesan. Setelah selesai, jawaban balasan tersebut akan segera dikirim dan pesan aslinya akan ditandai sebagai 'pesan sudah dibaca'.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, pesan berisi gambar, video dan audio tidak akan dibaca Google Assistant. Sebagai gantinya, Google Assistant akan mengatakan 'pesan itu hanya berisi lampiran audio'.



Sejauh ini, fungsi tersebut masih terbatas dalam tahap pengujian, belum dirilis seacara resmi. Namun dalam pengujian sejumlah orang, fungsi ini berjalan cukup baik di aplikasi WhatsApp ataupun Telegram dan bisa menangani beberapa bahasa meskipun masih terbatas.

Simak Video "Wow! Mbah Google Kini Makin Cerdas dengan Teknologi Barunya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)