Selasa, 07 Mei 2019 11:01 WIB

Anak di Bawah Umur Bisa Daftar, Tiga Aplikasi Kencan Diblokir

Josina - detikInet
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta - Tiga aplikasi kencan memungkinkan anak-anak di bawah usia 13 tahun ikut mendaftar. Ketiga aplikasi itu saat ini sudah diblokir Google dan Apple.

Dilansir detikINET dari Engadget, ketiga aplikasi itu adalah FastMeet, Meet24, dan Meet4U. Ketiganya sama-sama dikembangkan developer Wildec.

Google dan Apple memblokir ketiga aplikasi dari store-nya masing-masing usai Komisi Perdagangan Federal Amerika (FTC) mendapati aplikasi tersebut memungkinkan anak-anak di bawah usia 13 tahun ikut mendaftar. Hal itu melanggar UU Komisi Perdagangan Federal dan UU Perlindungan Privasi Online Anak-anak (COPPA).




Masih menurut FTC, pihak pengembang sebenarnya menyadari punya pengguna anak di bawah umur. Bahkan ada pula beberapa orang yang sedang menghadapi tuntutan pidana karena telah mengontak anak-anak di bawah umur melalui aplikasi ini.

FTC sudah mendesak Wildec untuk segera menghapus data informasi pribadi anak-anak di bawah umur itu, meminta agar aplikasinya menyertakan akses untuk izin orangtua, dan memastikan tak melanggar peraturan COPPA dan undang-undang FTC. Jika dan setelah perubahan-perubahan itu dilakukan, barulah Wildec bisa diizinkan muncul lagi di Google Store dan Apple Store.


(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed