Sabtu, 30 Mar 2019 19:33 WIB

Pengguna iOS Ramai-ramai Cari 'MRT Jakarta' di App Store

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Antusiasme keberadaan Moda Raya Terpatu (MRT) Jakarta tak hanya terjadi di dunia nyata. Banyak juga yang ingin tahu soal aplikasi terkait MRT Jakarta.

MRT Jakarta baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3) lalu. Keberadaan MRT Jakarta ini turut melengkapi transportasi umum yang ada dan menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat ibu kota.




Antusiasme terhadap MRT Jakarta ini sudah membuat masyarakat berduyun-duyun menjajalnya. MRT Jakarta sempat ramai pula dibahas akibat adanya sejumlah orang yang kurang tertib.

Selain itu, rupanya banyak juga yang hendak mencari tahu aplikasi terkait MRT Jakarta. Ini terindikasi dari pengamatan di App Store pada hari Sabtu (30/3/2019) ini. Pengguna iOS di perangkat Apple banyak yang mencari soal "MRT Jakarta" sehingga menjadi trending.

Aplikasi MRT Jakarta Banyak Diburu Pengguna SmartphoneFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Menelusuri lebih jauh, hasil pencarian "MRT Jakarta" di App Store ini lantas menampilkan tiga aplikasi pendukung:

1. MRT-J

MRT-J ini merupakan aplikasi resmi yang dikembangkan oleh PT MRT Jakarta. Selain menginformasikan seputar transportasi tersebut, MRT-J juga punya fitur-fitur pendukung.

Fitur yang dimaksud mulai dari navigasi ke stasiun terdekat, rute dari stasiun MRT Jakarta, informasi durasi perjalanan, jelajah stasiun: fedeer, fasilitas umum, tenant, hingga website dan sosia medial.

Aplikasi yang ukurannya 74,8 MB ini mendapat sambutan positif, itu terlihat dari rating yang diberika rata-rata memberi aplikasi ini dengan bintang lima.




2. Jakarta LRT, MRT & Commuter

Berbeda dengan aplikasi MRT-J, aplikasi ini lebih memberikan informasi kepada seluruh transportasi kereta yang tersedia di ibu kota, mulai dari KRL, Railink (kereta bandara), MRT, sampai LRT yang belum rampung dibangun.

Tawaran aplikasi ini kepada penggunannya, mulai bisa digunakan secara offline, rute, tarif, jadwal, tersedia dalam berbagai bahasa, hingga mencari stasiun terdekat.

Kendati aplikasi Jakarta LRT, MRT & Commuter ini ukuran filenya 22,7 MB, tetapi rating dan yang meninjau aplikasi ini belum banyak.




3. Trafi

Mengusung jargon "All transport in one place", Trafi mengklaim dapat memberikan kebutuhan yang diinginkan oleh pengguna saat menjalajah kota hanya dalam satu aplikasi.

Trafi tak hanya tersedia di Jakarta, tetapi aplikasi tersebut sudah dapat dimanfaatkan para peloncong saat berada berbagai kota dunia, mulai dari Taipe, Madrid, Rio de Janeiro, Istanbul, Ankara, Riga, Talinn, maupun Kaunas.

Dari lima bintang, rata-rata di antaranya memberikan 3,9 bagi aplikasi Trafi. Adapun Trafi bisa diunduh di App Store dengan ukuran 90,6 MB.



(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed