Kamis, 28 Feb 2019 15:07 WIB

Wow! Tik Tok Sudah Diunduh Lebih dari 1 Miliar

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Kendati dicap sebagai aplikasi alay, toh tak membendung popularitas Tik Tok. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali.

Data tersebut berdasar riset yang dilakukan Sensor Tower. Mereka menyebutkan Tik Tok kini bakal bersaing dengan Facebook sebagai aplikasi media sosial yanng paling banyak diunduh.




"Sekitar 663 juta instalasi terjadi pada 2018. Sementara aplikasi Facebook dipasang sekitar 711 juta kali tahun lalu dan Instagram melihat sekitar 444 juta unduhan baru," kata pendiri Sensor Tower Olive, seperti dilansir Cnet, Kamis (28/2/2019).

Tik Tok menjadi aplikasi non-game keempat paling banyak diunduh pada 2018. Sensor Tower mencatat Tik Tok jadi aplikasi non-game nomor satu di Amerika Serikat sepanjang bulan lalu.

Aplikasi ini berada nomor tiga dalam hal pemasangan baru, baik di iOS maupun Play Store. Total pengguna baru sepanjang Januari mencapai 71,3 juta di seluruh dunia. Angka ini tidak termasuk pengguna Android di China yang meningkat 2,6 juta kali atau 161% dari Januari 2018.




Hingga saat ini 25% dari total pengunduhan berasal dari India. Pada bulan lalu 43% penguna baru berasal dari negeri yang mengalir sungai Gangga itu.

Jumlah pengguna baru di AS pun terpantau tumbuh dari tahun ke tahun. Sensor Tower memperkirakan ada 9% pemasangan baru di Januari berasal dari Negeri Paman Sam. Total aplikasi Tik Tok yang terinstal di sana mencapai 96 juta.


(afr/krs)