Selasa, 22 Jan 2019 14:31 WIB

'Alergi' dengan Artis Tertentu di Spotify? Nanti Bisa Di-Blok

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Spotify sedang menguji fitur untuk mem-blok artis tertentu yang tidak disuka pengguna. (Foto: Mindra Purnomo) Spotify sedang menguji fitur untuk mem-blok artis tertentu yang tidak disuka pengguna. (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta - Saat sedang asyik memutar lagu secara acak di Spotify, eh muncul lagu dari artis yang kamu benci setengah mati. Pernah seperti itu? Tenang, Spotify kini sedang menguji fitur Blok.

Fitur itu sendiri bertuliskan "don't play this artist", yang saat ini disebutkan sedang menjalani tes di perangkat berbasis iOS. Tidak disebutkan akan seperti apa penerapan fitur tersebut di perangkat Android, atau mungkin memang tidak dihadirkan sama sekali.

Nantinya, begitu user menekan "don't play this artist", maka penyanyi bersangkutan akan diblok dari segala sisi. Jadi, pengguna yang "alergi" dengan artis tertentu tidak akan mendengar lagu-lagunya dari library, playlist, chart, hingga radio di dalam Spotify.




Walau demikian, fitur tersebut tidak memblok lagu-lagu yang melibatkan penyanyi tersebut dalam proyek featuring. Misalnya, kamu sudah memblok Drake, tapi lagu Sicko Mode milik Travis Scott, yang berkolaborasi dengan Drake, tidak akan diblok oleh Spotify.

Menariknya, pada 2017 lalu, Spotify sempat menolak untuk menghadirkan fitur blok di dalam aplikasinya. Hal tersebut merupakan balasan dari salah satu pesan pengguna yang ditujukan kepadanya.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu, desakan terhadap Spotify untuk menhadirkan fitur blok memang semakin keras gaungnya. Salah satunya tampak setelah dokumenter memunculkan tuduhan kekerasan seksual dan pelecehan yang dilakukan penyanyi R. Kelly selama 25 tahun.




Tagar #MuteRKelly pun menggema setelahnya. Dampaknya, R. Kelly dikeluarkan dari label yang menaunginya, yaitu RCA Records.

Pada saat itu, Spotify juga sempat menghapus R. Kelly dari playlist yang dikurasi olehnya. Walau begitu, hal tersebut kurang signifikan lantaran ia tidak diblok secara permanen di dalam aplikasi.

Lantas, kapan fitur blok ini akan hadir? Disebutkan bahwa fitur tersebut akan muncul "segera", walaupun belum ada tanggal pastinya, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Selasa (22/1/2019).



Simak juga video 'Spotify Ambil Langkah Tegas pada Pengguna Aplikasi Bajakan':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed