Senin, 14 Jan 2019 19:01 WIB

Ada Kasus Chat WhatsApp Hilang Sendiri, Kamu Juga Mengalami?

Kris Fathoni W - detikInet
Apa kamu juga mengalami kasus chat WhatsApp hilang sendiri? (REUTERS/Thomas White/File Photo) Apa kamu juga mengalami kasus chat WhatsApp hilang sendiri? (REUTERS/Thomas White/File Photo)
Jakarta - Seorang pengguna WhatsApp mengeluhkan chat lamanya tiba-tiba hilang sendiri. Usut punya usut, kasus chat WhatsApp hilang sendiri ini merupakan "penyakit lama".

Kasus teranyar menghilangnya chat WhatsApp yang lama ini terjadi ketika seorang pengguna di India melaporkannya pada sejumlah blog dan portal. Postingnya itu kemudian juga dibagi WaBetaInfo, yang rutin membagi informasi seputar WhatsApp.




Menurut pengakuan pengguna bersangkutan, setiap pagi ada saja chat lama WhatsApp yang hilang di perangkat Moto G4 Plus-nya. Ia mengaku sudah coba mengontak pihak WhatsApp, sampai 25 kali mengirim email, tanpa ada jawaban memuaskan.

"Aku sudah mencoba lima kali menginstall ulang aplikasi WhatsApp dan bahkan melakukan reset pada ponselku, tapi tak ada yang berubah. Aku bahkan berhenti menggunakan antivirus dan membersihkan aplikasi," tulis pengguna tersebut.




WaBetaInfo membagi informasi tersebut sembari menanyakan apakah ada pengguna Android lain yang juga mengalami chat WhatsApp hilang sendiri. Ternyata tak sedikit yang punya masalah serupa pada riwayat percakapannya di WhatsApp.


Kasus chat WhatsApp hilang sendiri ini sejatinya sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Seorang pengguna, misalnya, pernah mengadukan hal serupa dalam forum XDA pada 11 Juli 2018. Ia menegaskan tidak mengarsip chat tersebut. Thread tersebut juga memunculkan pengguna WhatsApp lain yang memiliki masalah serupa.




Menurut ValueWalk.com, pihak WhatsApp tampaknya menyadari masalah tersebut dan minta pengguna yang terdampak untuk menonaktifkan aplikasi antivirus atau cleaner manajemen memori, yang mungkin saja menghapus riwayat chat tanpa lebih dulu menginformasikannya. Namun, sejauh ini solusi tersebut masih belum efektif buat sejumlah pengguna yang tetap kehilangan chat lama di WhatsApp.

Sementara situs recovery-android.com menambahkan, penyebab chat lama WhatsApp hilang sendiri juga bisa dikarenakan adanya data WhatsApp yang corrupt. Salah satu solusi yang coba mereka tawarkan adalah menginstall ulang WhatsApp dan memulihkan riwayat cadangan secara manual, maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan recovery data.




Saat ini WhatsApp bekerja sama dengan Google dalam pencadangan data. Seluruh chat WhatsApp bisa di-back up ke Google Drive tanpa menghabiskan ruang. Backup yang belum diperbarui lebih dari setahun akan dihapus otomatis dari Google Drive. Kerja sama ini baru berjalan pada 12 November lalu, walaupun ada pula yang menduga bahwa ini menjadi salah satu faktor raibnya chat lama WhatsApp.



(krs/asj)