Jumat, 04 Jan 2019 10:01 WIB

Siap-siap, Tahun Ini Mulai Ada Iklan di WhatsApp

Kris Fathoni W - detikInet
Iklan di WhatsApp akan mulai hadir tahun ini. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images) Iklan di WhatsApp akan mulai hadir tahun ini. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta - Seiring dengan pergantian tahun, kehadiran iklan di WhatsApp kian mendekati kenyataan. Setidaknya jika menilik rencana Facebook selaku induk WhatsApp.

Menurut rencana, pada tahun 2019 ini iklan di WhatsApp bakal mulai nampang. Sejauh ini setidaknya sudah ketahuan bahwa iklan tersebut akan muncul di bagian status WhatsApp.

"Ini akan menjadi model utama monetisasi untuk perusahaan dan juga kesempatan bagi para pebisnis untuk menjangkau orang-orang melalui WhatsApp," kata Wakil Presiden WhatsApp Chris Daniels pada akhir tahun lalu.




Hal itu sudah mengusik banyak pengguna WhatsApp yang merasa bahwa kelak layanan berbagi pesan kesayangan mereka itu bakal semakin dijejali iklan seperti halnya platform populer lain macam Facebook dan YouTube.

Business Today menyebut bahwa Brian Acton, salah satu pendiri WhatsApp, sebelumnya juga sudah bicara dengan keras untuk menyatakan ketidaksetujuan terkait dengan keberadaan iklan. Hal itu pula yang ikut mendasarinya hengkang sejak November 2017, atau kira-kira tiga tahun setelah Acton dan Jan Koum memutuskan untuk menjual WhatsApp ke Facebook.




Keberadaan iklan di WhatsApp pada bagian status juga sudah diuji pada bulan Oktober 2018 lalu, dalam versi beta. Rencananya, iklan di WhatsApp akan benar-benar mulai hadir pada tahun 2019 ini. Belum ada informasi lebih lanjut kapan persisnya.

"Pada satu titik di 2019..." tulis News18.com dalam artikelnya yang membahas iklan di WhatsApp.




"Pada tahun yang baru, update kontroversial WhatsApp akan menghadirkan iklan ke platform berbagi pesan," sebut media Inggris Daily Mail.

Jadi, siap-siap dan tak perlu kaget lagi jika nanti ada muncul iklandiWhatsApp yang kamu pakai. (krs/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed