Selasa, 01 Jan 2019 11:35 WIB

Bayar Netflix Kini Tak Bisa Lewat iTunes

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Langganan Netflix tidak bisa lewat iTunes lagi. Foto: Chris McGrath/Getty Images Langganan Netflix tidak bisa lewat iTunes lagi. Foto: Chris McGrath/Getty Images
Jakarta - Netflix akhirnya memutuskan untuk menyetop metode pembayaran langganan untuk pengguna iOS melalui iTunes.

Jadi ke kini pengguna iOS yang ingin berlangganan Netflix harus mendaftar dan membayar biaya berlangganan melalui situs resminya. Sebelumnya, pengguna bisa memilih untuk melakukan hal itu melalui sistem pembayaran dan berlangganan di iTunes.


Namun karena Apple menerapkan potongan 15% dari setiap transaksi yang menggunakan sistem mereka, Netflix pun kemudian memilih untuk berhenti menggunakan sistem pembayaran lewat iTunes tersebut.

Biaya transaksi sebesar 15% itu sebelumnya oleh Netflix dibebankan ke pengguna mereka, yang berarti setiap penggunanya membayar lebih mahal dari yang seharusnya dibayarkan, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (1/1/2019).

Netflix pun sejak beberapa bulan lalu sudah mulai menyetop pembayaran lewat iTunes di sejumlah negara. Dan kini mereka pun melakukannya secara global, meski hal ini hanya berlaku untuk pengguna baru karena pelanggan lama tetap bisa melakukan pembayaran melalui sistem iTunes.


Netflix bukan satu-satunya perusahaan yang 'memprotes' potongan besar yang ditetapkan oleh penyedia platform pasar aplikasi. Sebelumnya ada juga Epic Games yang menolak meluncurkan Fortnite melalui Play Store milik Android.

Mereka memilih meluncurkannya lewat situs sendiri, dan bahkan mereka pun membuka pasar aplikasi baru di Windows dan Mac bagi para developer untuk memasarkan gamenya, tentu dengan biaya yang lebih rendah ketimbang Steam. (asj/afr)