Kamis, 29 Nov 2018 18:43 WIB

Laporan dari Singapura

Pentingnya Ukuran buat Orang Asia Saat Download Aplikasi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Irna Prihandini/detikINET Foto: Irna Prihandini/detikINET
Singapura - Google Play Store kini menjadi salah satu app store terbesar di dunia. Saat ini Play Store telah hadir di lebih dari 2 miliar perangkat dan lebih dari 250 juta aplikasi di platform ini diunduh tiap harinya.

Sehubungan dengan itu, VP of UX and Product Google Play Tian Lim pun membeberkan sebuah kecenderungan bahwa saat ini ukuran aplikasi yang ada di Play Store menjadi semakin besar.

"Sejak 2012 ukurannya bertambah besar hingga 5 kali. Tentu untuk alasan yang bagus seperti fitur yang lebih banyak dan inovasi yang lebih banyak," ujar Lim saat berbicara di Google Playtime di Andaz Hotel, Singapura, Kamis (29/11/2018).




Lim menambahkan, hal ini menjadi masalah bagi developer yang ingin menjangkau pengguna global. Terutama di pasar-pasar berkembang di mana pengguna ponsel sangat sensitif dengan ukuran aplikasi yang mereka unduh.


Orang Asia Pentingkan Ukuran Saat Download AplikasiVP of UX and Product Google Play Tian Lim. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


Terlebih lagi, ketika ditambah faktor koneksi internet yang tidak bisa diandalkan dan kapasitas penyimpan di ponsel yang tidak begitu besar. Ini semakin mendorong orang-orang untuk tidak mengunduh aplikasi berukuran besar.

"Di Asia dan Amerika Selatan lebih dari 40% perangkat memiliki kapasitas kurang dari 1GB. Di Asia Tenggara malah 1 dari 3 perangkat," jelas Lim.




"Tapi ini bukan hanya masalah pasar berkembang. Bahkan pasar yang sudah maju seperti AS dan Inggris, sekitar 20% dari perangkat memiliki penyimpanan kurang dari 1GB. Jadi ukuran app menjadi masalah besar," pungkasnya.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed