Selasa, 03 Jul 2018 08:29 WIB

Firefox Akan Memberitahu Pengguna Jika Akunnya Diretas

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Firefox akan mulai memberi notifikasi kepada pengguna jika keamanan akunnya terganggu. Layanan ini merupakan hasil kerja sama Mozilla dengan situs keamanan internet HaveIBeenPwned (HIBP).

Seperti dilansir detikINET dari Forbes, Selasa (3/7/2018), layanan ini bernama Firefox Monitor. Untuk mulai mendapatkan notifikasi, pengguna cukup mendaftarkan alamat emailnya. Setelahnya, Firefox dan HIBP akan mengurus sisanya.

HIBP sendiri merupakan situs yang dijalankan oleh ahli cyber security, Troy Hunt. HIBP memiliki fungsi khusus untuk memberitahu pengguna internet jika informasi akun yang mereka miliki terlibat dalam insiden cyber security.



Jadi, ketika ada insiden dimana data yang mengandung password pengguna bocor, maka HIBP akan langsung memberi tahu pengguna.

Ini merupakan kerja sama kedua antara Mozilla dan HIBP. Pada bulan November 2017, kedua perusahaan meluncurkan fitur Breach Alerts dapat membantu pengguna yang mengunjungi situs yang pernah mengalami kebocoran data.

Dengan fitur ini, akan ada jendela pop-up yang akan memberi tahu pengguna dan menawarkan untuk mengecek alamat email pengguna menggunakan database HIBP untuk melihat apakah pengguna terkena dampak dari kebocoran data.



Tetapi, jika Anda tidak menggunakan browser Firefox, anda juga tetap bisa menggunakan layanan ini. Cukup mengunjungi situs HaveIBeenPwned.com dan masukkan alamat email anda untuk mengecek apakah akun Anda pernah terkena dampak insiden cyber security. (afr/afr)