Kamis, 28 Jun 2018 18:49 WIB

Google Maps Mudahkan Pencarian Restoran

indissa salsabila - detikInet
Google Maps. Foto: GettyImages
Jakarta - Google Maps telah memperbarui layanan di aplikasinya. Pembaruan ini membuat para pengguna lebih mudah untuk mencari restoran yang direkomendasikan dan tempat lainnya untuk dikunjungi.

Fitur ini sudah tersedia di platform iOS dan Android. Pengguna akan melihat tab 'Explore' yang didesain ulang dan akan muncul pada sisi bawah aplikasi ketika pengguna membukanya.

Layar awal yang telah mengalami pembaruan pada Google Maps akan muncul dengan tombol besar yang memungkinkan pengguna masuk ke dalam beberapa kategori pilihan, dari toko kopi, lokasi live music, dan lain sebagainya. Selanjutnya akan tampil daftar restoran terkenal, acara yang akan datang, serta aktivitas yang sedang ramai dibicarakan.


Pembaruan ini juga menyertakan fitur tab 'For You' yang berguna sebagai kolom berita mengenai restoran lokal. Selain itu, dengan pembaruan yang dilakukan, Google akan memberikan nilai pada sebuah restoran sesuai dengan prediksi seberapa mungkin kita menyukai restoran tersebut.

Ketika mengetuk tombol 'location', pengguna akan mengetahui seberapa cocoknya restoran tersebut dengan preferensi mereka dan akan memberikan beberapa konteks lainnya untuk dilihat.

Dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (28/6/2018), Google menciptakan hal ini karena jarangnya pengguna memberikan nilai kepada sebuah restoran. Maka kecocokan akan sebuah restoran dilihat berdasarkan tipe restoran apa yang sering dilihat lamannya oleh pengguna.

Pada peluncuran pembaruan aplikasi ini, beberapa fitur akan terasa sedikit berbeda antara iOS dan Android. Misalnya fitur aktivitas dan acara yang direkomendasikan tidak muncul pada perangkat iOS.

Saat ini, aplikasi 'For You' juga masih terbatas di beberapa wilayah seperti, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Jepang.


Ada pula fitur sosial sehingga pengguna dapat berbagi dengan teman lainnya dalam menentukan restoran yang menarik.

Aplikasi Google Maps memang telah berguna mencari restoran terdekat sejak lama, namun sekarang hadir dengan fitur dimana Google mampu menunjukkan restoran mana yang paling cocok dengan pengguna. Dengan pembaruan ini, Google berusaha lebih dekat dengan pemakai dan membuat layanan seperti pesaingnya, Yelp. (jsn/jsn)