Rabu, 20 Jun 2018 17:39 WIB

Facebook Luncurkan Platform Gameshow Interaktif

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan platform gameshow dimana video live dan on demand akan memiliki fitur-fitur baru yang lebih interaktif. Fitur-fitur ini memungkinkan kreator untuk menambah kuis, polling, tantangan, dan gamification dalam konten videonya sehingga pemain bisa dieliminasi jika memberikan jawaban yang salah.

Dua gameshow yang diluncurkan bersama fitur ini adalah What's In The Box yang digarap oleh Fresno, dimana pemain harus menebak isi sebuah kotak, dan Outside Your Bubble yang dibuat oleh BuzzFeed News, dimana pemain harus menebak apa yang dipikirkan oleh lawannya. Facebook juga sedang menguji fitur yang dapat memberikan hadiah uang kepada pemain dengan kuis trivia dari Confetti.



"Video sedang berkembang dari konsumsi pasif ke format two-way yang lebih interaktif," kata Vice President of Video Product Facebook Fidji Simo, seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Rabu (20/6/2018).

"Kami rasa kreator ingin memberi orang-orang hadiah. Jika ini adalah sesuatu yang sesuai dengan Insider dan Confetti, kita mungkin akan mempertimbangkan untuk merilis alat pembayaran," lanjut Simo.

Fitur ini sekilas mirip dengan aplikasi HQ Trivia. Namun ketika ditanya apakah fitur ini terinspirasi dari HQ Trivia, Simo mengakui bahwa aplikasi tersebut merupakan salah satu pemain yang memanfaatkan tren video interaktif.

"Saya rasa mereka merupakan bagian dari tren lebih luas yang membuat konten interaktif. Kami sudah melihat tren ini di lebih dari satu pemain," jawab Simo.

Fitur video interaktif ini akan tersedia untuk seluruh penerbit dan kreator, bersamaan dengan peluncuran global aplikasi Creator milik Facebook versi Android untuk bintang media sosial. Fitur interaktif yang tersedia mulai dari polling yang sederhana hingga membuat gameshow trivia.

Fitur polling nantinya dapat digunakan di video live dan on-demand. Tapi untuk gamification yang berdampak pada hasil siaran hanya tersedia untuk video live.

Facebook sudah menggaet dua kreator untuk menguji coba fitur ini, yaitu Brent Rivera dan That Chick Angel. Facebook sendiri mengklaim bahwa audiens menikmati polling di program Help Us Get Married yang tersedia di platform Watchnya. Dalam program ini, audiens dapat membantu merencanakan pernikahan dengan memilih venue dan tema melalui polling.

Fitur ini merupakan upaya terbaru Facebook untuk memperkuat divisi videonya. Instagram yang dimiliki Facebook, juga nantinya akan memperluas layanannya dengan menambahkan konten original berdurasi panjang yang dibuat oleh bintang media sosial dan kreator konten lainnya. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed