Menkominfo Desak Industri Bikin Harga Set Top Box Terjangkau

Menkominfo Desak Industri Bikin Harga Set Top Box Terjangkau

ADVERTISEMENT

Menkominfo Desak Industri Bikin Harga Set Top Box Terjangkau

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 11 Jan 2023 13:45 WIB
Pemerintah memastikan siaran TV analog di Jabodetabek akan dimatikan pada tanggal 2 November 2022.
Harga set top box mahal jadi keluhan masyarakat untuk beralih ke siaran TV digital. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendesak agar industri menyediakan perangkat Set Top Box (STB) dengan harga terjangkau.

Harga set top box mahal dijumpai sejumlah serta dikeluhkan masyarakat. Harga perangkat pendukung siaran digital itu mengalami kenaikan usai diterapkannya pemadaman siaran TV analog dan dialihkan ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) pada 2 November 2022.

Untuk mempermudah masyarakat menikmati siaran TV digital, Menkominfo mendorong ekosistem industri menyediakan harga set top box yang terjangkau.

"Kita sudah melakukan Analog Switch Off di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau," ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/1/2023).

Adapun sejauh ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru melaksanakan suntik mati TV analog di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Pemerintah terus mengejar digitalisasi penyiaran di 249 kabupaten/kota lainnya.

Disampaikan Menkominfo, agar industri memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat tersebut guna mendukung akses masyarakat ke siaran TV digital.

"Kita minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup," ungkapnya.

Menkominfo menjelaskan dari sisi supply side berdampak pada harga set top box di masyarakat. Oleh karena itu, perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau bagi masyarakat.

"Karena ada kelompok masyarakat yang membeli sendiri dan memasang sendiri sangat concern dengan ini, ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi," jelasnya.

Terkait ketersediaan dan harga set top box yang mahal di pasaran ini dibahas dalam rapat evaluasi Menkominfo didampingi beserta jajarannya dengan Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif, Staf Ahli Menteri Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, LPP TVRI, Gabungan Pengusaha Elektronika, dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT