Cara Tangkap Sinyal Siaran TV Digital Pakai STB

Cara Tangkap Sinyal Siaran TV Digital Pakai STB

ADVERTISEMENT

Cara Tangkap Sinyal Siaran TV Digital Pakai STB

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 12:45 WIB
Warga di Lamongan memasang STB TV digital
Foto: Warga di Lamongan memasang STB TV digital (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Jakarta -

Sejumlah daerah di Indonesia sudah menikmati siaran TV digital. Namun, ada kalanya masyarakat kesulitan menangkap sinyal siaran TV digital tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan tips sederhana agar dapat sinyal siaran TV digital menggunakan set top box (STB). Tips ini seiring pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan pemerintah bersama penyelenggara multipleksing (mux).

Penggunaan STB ini untuk masyarakat yang masih memiliki pesawat televisi analog, sehingga nanti memudahkan dalam menangkap siaran digital.

Berikut Alur Tangkap Siaran TV Digital Pakai STB, seperti dikutip dari Kominfo, Selasa (10/1/2023):

  1. Pastikan di daerah detikers sudah terdapat siaran TV digital.
  2. Gunakan antena UHF biasa, baik yang dipasang di luar atau dalam rumah. Untuk posisinya, perlu disesuaikan, seperti ketinggian atau arah dengan lokasi pemancar multipleksing.
  3. Sambungkan STB ke TV dan antena dengan menggunakan salah satu dari kabel RCA atau HDMI sesuai jenis perangkat TV detikers.
  4. Pastikan kabel antara STB, antena, dan TV tersambung dengan baik.
  5. Pastikan TV dalam keadaan menampilkan sumber AV. Jika terdapat beberapa pilihan AV1, AV2, dan seterusnya, maka sesuaikan.
  6. Menyalakan STB, kemudian akan diminta untuk memasukkan kode pos yang tinggal kalian.
  7. Setelah masuk ke menu, pilih "pencarian saluran secara otomatis"
  8. Pilih "Simpan" dan proses selesai

Kominfo terus memperluas memperluas daerah yang akan terdampak pemadaman siaran TV analog. Setelah wilayah siaran Bandung, Semarang, Yogyakarta-Solo, dan Batam, Kominfo kembali mematikan siaran TV analog terakhir menyasar Surabaya dan sekitarnya pada 20 Desember kemarin.

Berdasarkan data terakhir, cakupan wilayah yang terkena suntik mati TV analog bertambah yang kini menjadi 256 kabupaten/kota dari 512 kabupaten/kota.

Siaran TV digital menawarkan kualitas gambar bersih, suara jernih, hingga teknologi canggih, salah satunya tersedia sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) yang bisa menjadi peringatan bagi masyarakat akan bencana alam yang terjadi sekitarnya.

Bagi yang masih memiliki TV analog atau TV tabung, jangan khawatir karena masih bisa menangkap sinyal siaran TV digital dengan bantuan alat set top box (STB) yang harganya sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Sedangkan, kelompok rumah tangga miskin ekstrem akan mendapatkan bantuan set top box gratis TV digital yang bersumber dari penyelenggara multipleksing dibantu Kominfo.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT