Distribusi Set Top Box TV Digital Gratis Ditargetkan Selesai April 2023

Distribusi Set Top Box TV Digital Gratis Ditargetkan Selesai April 2023

ADVERTISEMENT

Distribusi Set Top Box TV Digital Gratis Ditargetkan Selesai April 2023

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 30 Des 2022 22:14 WIB
Petugas melayani warga untuk mendapatkan set top box gratis di Posko Respon Cepat Penanganan bantuan STB di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). Posko ini didirikan untuk membantu warga yang kurang mampu membeli set top box untuk siaran digital.
Kominfo minta penyelenggara mux selesaikan distribusi STB TV digital gratis sampai April 2023. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Dalam pelaksanaan Analog Switch Off (ASO), distribusi Set Top Box (STB) TV digital gratis masih jadi kendala utama. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta kepada penyelenggara multipleksing (mux) agar penyaluran bantuan tersebut rampung pada April 2023.

Meski sudah terlambat, mengingat batas akhir migrasi TV analog ke digital pada 2 November 2022 mengacu pada Undang-Undang Cipta Kerja, tetapi realisasi distribusi STB gratis masih sangat rendah.

Berdasarkan data terakhir per 15 Desember seperti yang diterima detiKINET, realisasi distribusi STB gratis dari Kominfo sudah 97,8% dan dari swasta baru 5,4%.

Jumlah komitmen set top box gratis secara total yang dibagikan itu sebanyak 5.540.224 unit. Namun yang disalurkan ke tangan penerima baru menyentuh angka 1.331.459 unit atau 25,6%. Artinya, masih ada 4.121.874 unit lagi yang belum dibagikan kepada rumah tangga miskin ekstrem.

Persoalan yang terus dicari jalan keluarnya oleh Kominfo dan penyelenggara mux. Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, meminta agar distribusi set top box TV digital gratis ini rampung pada bulan April 2023.

"(Penyelenggara mux) sudah semangat sekarang, Alhamdulillah, kita juga sepakat inginnya semuanya cepat," kata Gery dalam webinar Refleksi ATSDI 2022.

"Saya minta, karena dilemanya, (soal distribusi set top box TV digital gratis) ada usulan dari swasta agar diberi waktu maksimal sampai Juni 2023. Kalau pemerintah ingin cepat, kalau bisa sebelum lebaran atau bulan puasa, bulan April lah, saya bilang," tutur Gery.

Jika pembagian STB gratis itu sudah kelar semuanya, maka penghentian siaran TV analog dan digantikan oleh TV digital di seluruh tanah air dapat berjalan lancar. Terutama, bagi kelompok rumah tangga miskin ekstrem, dapat menonton siaran digital karena adanya bantuan ASO.

"Ini yang masih mereka diskusikan. Misalnya, April setuju, ASO lebih cepat. Februari juga nggak ada masalah, distribusi jalan terus sampai memenuhi 5,6 juta unit ini dibagikan ke masyarakat," ujar Gery.

Sebab, lebih lanjut kata Gery, jika distribusi set top box TV digital gratis tidak dilakukan secara cepat dan menyeluruh, masyarakat akan jadi korbannya.

"Jangan sampai di-ASO-kan, tapi masyarakat bingung. Pemerintah menjami keluarga miskin sebanyak 5,6 juta dapat bantuan STB itu harus dibagikan semuanya. ASO mau besok juga nggak ada masalah asal STB kelar sebelum lebaran sudah didistribusikan semuanya," pungkasnya.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT