PeduliLindungi Dapat Penghargaan dari Kominfo

ADVERTISEMENT

PeduliLindungi Dapat Penghargaan dari Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 20 Nov 2022 20:30 WIB
PeduliLindungi
Kominfo Berikan Penghargaan 18 Karya Terpilih, Termasuk PeduliLindungi. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan penghargaan kepada karya terpilih kompetisi Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK). Sebanyak 18 karya dari enam kategori terpilih, termasuk salah satu PeduliLindungi.

Penganugerahan tersebut merupakan puncak kompetisi IdenTIK yang diselenggarakan untuk mengumumkan serta mengapresiasi karya terpilih dari enam kategori, yaitu Startup Company, Private Sector, Public Sector, Corporate Social Responsibility (CSR), Research and Development (RnD), dan Inovasi Teknologi Konten Digital.

"Program Indonesia Enterpreneur TIK merupakan ajang untuk mengidentifikasi karya TIK anak bangsa yang kreatif. Sebanyak 18 karya terpilih IdenTIK 2022 akan memperoleh pembinaan serta pelatihan untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi regional AICTA di tahun 2023," kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Boni menuturkan bahwa Indonesia memiliki ekosistem perusahaan rintisan (startup) untuk menciptakan solusi dari berbagai permasalahan bangsa. Ini dibuktikan dengan banyaknya karya TIK yang bermunculan dan sukses mendapatkan pembiayaan dari investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

"IdenTIK diharapkan dapat membentuk karya TIK yang mampu memberikan solusi sekaligus mendorong sektor ekonomi digital Indonesia agar berdaya saing di tingkat regional ASEAN maupun global," ungkapnya.

Menurutnya, digitalisasi telah menjadi denyut nadi untuk menjadi pendorong dari segi ekonomi, sosial dan budaya di hampir semua negara, baik itu lingkup regional, ASEAN hingga pasifik dan global. Sejauh ini, digitalisasi mengubah kehidupan masyarakat sehari-hari dari cara berkomunikasi hingga gaya hidup.

Pemenang IdenTIK 2022

Para pemenang IdenTIK tersebut merupakan hasil kurasi dari para Dewan Juri yang kompeten dalam bidang TIK dari enam kategori. Berikut daftar para peraih penghargaan IdenTIK 2022.

Kategori Public Sector:
1. PeduliLindungi
2. Sipandu Satu Bimtek
3. Maharai

Kategori Private Sector:
1. InCrane
2. Orderdulu
3. Blod.id

Kategori Startup Company:
1. Jaramba
2. Kedip
3. Tandatangan.io

Kategori Research and Development:
1. Bottani
2. Pegonizer
3. Smart EcoRoom by MyEco

Kategori Corporate Social Responsibility:
1. Website Special Hub
2. PetaNetra
3. Fasih

Kategori Inovasi Teknologi Konten Digital:
1. Oxima
2. ViraExpoir
3. Nusantaraverse

Selain memperoleh pembinaan dari Dewan Juri IdenTIK, para pemenang IdenTIK 2022 akan menerima uang pembinaan dengan total nilai Rp30 juta (terkecuali kategori Public Sector), free credits dari Xendit, kesempatan mengikuti tahapan program Startup Studio Indonesia, dan tahapan program inkubasi 1.000 startup digital. Termasuk pula kredit senilai USD 10.000 hingga USD25.000 dari Amazon Web Services (AWS) bagi yang melanjutkan mengikuti program HUB.ID.



Simak Video "Kejagung Naikkan Kasus Dugaan Korupsi BTS Kominfo ke Penyidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT