Mau Internet Indonesia Makin Ngebut, Ini Strateginya

Mau Internet Indonesia Makin Ngebut, Ini Strateginya

ADVERTISEMENT

KTT G20

Mau Internet Indonesia Makin Ngebut, Ini Strateginya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 16 Nov 2022 16:47 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Strategi Menkominfo Biar Internet Indonesia Makin Ngebut (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki sejumlah strategi agar kecepatan internet Indonesia makin cepat daripada sebelumnya.

"Indonesia memang salah satu dari empat negara di dunia dengan kecepatan internetnya yang dianggap perlu ditingkatkan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkokminfo) Johnny G Plate di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022).

Johnny menjelaskan bukan hanya karena faktor infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang jadi persoalan utama. Ia melihat penggunaan spektrum frekuensi yang ada saat ini dimanfaatkan untuk hal yang tidak semestinya.

"Bukan hanya karena infrastruktur TIK yang belum secara luas tersambung semuanya, pekerjaan berat harus dilakukan tetapi juga beberapa puluh tahun terakhir ini spektrum frekuensi kita tidak digunakan sebagaimana mestinya," kata dia.

Untuk itu, Kominfo terus berbenah dengan cara menata ulang kembali penggunaan spektrum frekuensi tersebut. Pita frekuensi yang dipakai satelit dan juga penyiaran jadi target Kominfo untuk ditata lagi.

Dengan penataan spektrum tersebut, diharapkan nantinya dapat jadi sumber daya operator seluler dalam menggelar serta meningkatkan kualitas layanan internet kepada para penggunanya.

"Menata kelola spektrum frekuensi ini penting agar operator seluler mempunyai bandwidth yang cukup, spektrum yang memadai. Selama ini kita pakai untuk satelit, dan itu besar sekali yang seharusnya bisa dipakai untuk telekomunikasi dan internet," tuturnya.

"Selama ini juga kita pakai televisi, televisi analog terresterial yang menggunakan spektrum sangat boros. Dengan program Analog Switch Off (ASO), salah satu program farming, refarming spektrum frekuensi kita agar digunakan operator seluler, sehingga tersedia bandwidth yang cukup memungkinkan kecepatan internet yang lebih baik," pungkasnya.

Sebagai informasi, ASO atau suntik mati TV analog ini telah diterapkan pada 2 November 2022. Hanya saja pelaksanaannya baru di 230 kabupaten/kota, termasuk wilayah Jabodetabek.

Dengan migrasi TV analog ke digital ini akan menghasilkan digital dividen di pita frekuensi 700 MHz sebesar 112 MHz yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk layanan internet, seperti 5G, maupun kebutuhan lainnya.

Sebelumnya, CEO Twitter Elon Musk berbicara lewat teleconference dalam rangkaian event KTT G20. Dia saat itu menjawab pertanyaan dalam diskusi bersama Mendikbud Nadiem Makarim. Elon Musk mengatakan, kunci kemajuan Indonesia salah satunya adalah memiliki internet yang cepat.

[Gambas:Youtube]



(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT