Elon Musk Ungkap Internet Cepat Sangat Penting Buat Indonesia

Elon Musk Ungkap Internet Cepat Sangat Penting Buat Indonesia

ADVERTISEMENT

KTT G20

Elon Musk Ungkap Internet Cepat Sangat Penting Buat Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 15:23 WIB
Elon Musk dan Nadiem Makarim ngobrol virtual
Elon Musk ungkap hal penting yang bisa membantu Indonesia jadi kekuatan global Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Meski tidak menghadiri KTT G20 secara langsung, Elon Musk tetap hadir secara virtual dan membahas banyak hal. Salah satunya, ia mengungkap satu hal penting yang harus dilakukan Indonesia jika ingin menjadi kekuatan global di masa depan.

Dalam diskusi di forum B20 bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Musk mengatakan pendidikan yang merata tentu merupakan faktor yang penting. Setelah itu, yang tidak kalah pentingnya adalah akses internet berkecepatan tinggi.

"Memiliki internet berkecepatan tinggi di seluruh Indonesia akan menjadi sangat penting," kata Musk dalam diskusi bertajuk 'Future Knowledge and Blended Finance' yang digelar secara virtual, Senin (14/11/2022).

CEO SpaceX dan Tesla itu mengatakan akses internet cepat yang luas dan murah saja tidak cukup. Masyarakat juga perlu perangkat seperti ponsel atau laptop untuk bisa mengakses internet.

Untungnya, dia mengatakan ke depannya harga ponsel atau laptop akan semakin terjangkau. Sebabnya ia melihat akan adanya kondisi di mana vendor kesulitan menambahkan fitur dan inovasi baru yang signifikan di perangkat buatannya.

"Ada banyak perangkat yang dibuat seperti perangkat PC, iPhone dan Android. Tidak lama lagi akan ada lebih banyak perangkat yang dibuat ketimbang jumlah manusia yang ada di dunia," jelas Musk.

Dengan dukungan internet cepat dan perangkat yang murah, Musk mengatakan masyarakat Indonesia jadi bisa melakukan apa saja. Tapi yang terpenting adalah mencari bahan pembelajaran gratis di internet.

"Salah satu hal penting dari internet adalah jika kalian memiliki perangkat yang murah dan akses internet yang murah, kalian bisa belajar apa saja," sambungnya.

"MIT (Massachusetts Institute of Technology) contohnya memiliki beberapa kuliah yang tersedia secara gratis di YouTube jadi kalian bisa belajar apapun secara gratis dari internet, asalkan kalian memiliki akses internet dan setidaknya tingkat pendidikan yang memungkinkan kalian belajar lebih banyak dari internet," pungkasnya.



Simak Video "Elon Musk Bicara soal Masa Depan Twitter di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT