Catat! Alamat Posko Pengaduan Set Top Box Gratis ASO Jabodetabek

ADVERTISEMENT

Catat! Alamat Posko Pengaduan Set Top Box Gratis ASO Jabodetabek

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 13:14 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Kominfo buka posko pengaduan masyarakat Jabodetabek yang belum mendapatkan set top box gratis (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tepat pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB, siaran TV analog akan dimatikan dan digantikan TV digital, termasuk wilayah Jabodetabek. Nah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka enam titik posko terkait pengaduan masyarakat yang belum menerima set top box gratis.

Penerapan Analog Switch Off (ASO) Jabodatabek berlaku di 14 kabupaten/kota yang terdiri dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sesuai amanat PP No 46 Tahun 2021, Kominfo dan Penyelenggara Multipleksing telah melakukan distribusi bantuan alat bantu siaran digital berupa set top box gratis kepada rumah tangga miskin ekstrem.

Adapun kriteria penerima bantuan tersebut berdasarkan Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Sementara itu, kriteria penerima bantuan di Jabodetabek itu bersumber rumah tangga miskin (RTM) yang telah terdaftar pada data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

"Bagi RTM yang berhak menerima bantuan namun dikarenakan kendala di lapangan sehingga belum menerima STB sampai dengan 2 November 2022, maka RTM yang masih membutuhkan bantuan STB dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat," ujar Kominfo dalam siaran persnya, Rabu (2/11/2022)

Berikut Mekanisme pengajuan bantuan STB secara mandiri sebagai berikut:

  1. Membuka websitehttps://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  2. Memasukkan NIK dan kodecaptchapada kolom yang tersedia,
  3. Klik "Pencarian"
  4. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli
  5. Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko

Kominfo menyebutkan Posko Cepat Penanganan Bantuan set top box gratis di wilayah ASO Jabodetabek mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022, jam 08.00 - 19.00 WIB yang berlokasi di:

Kominfo membuka Posko Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek bagi masyarakat yang belum mendapatkan set top box gratis TV digital.Kominfo membuka Posko Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek bagi masyarakat yang belum mendapatkan set top box gratis TV digital. Foto: Screenshot


Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT