Kominfo Blak-blakan TV Analog Jabodetabek Batal Dimatikan Hari Ini

ADVERTISEMENT

Kominfo Blak-blakan TV Analog Jabodetabek Batal Dimatikan Hari Ini

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 17:29 WIB
Kominfo Bahas ASO Jabodetabek Batal Dilakukan 5 Oktober 2022
Kominfo jelaskan ASO Jabodetabek batal dilakukan hari ini (Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) blak-blakan soal TV analog di Jabodetabek batal dimatikan pada 5 Oktober 2022. Rencana ini ditunda sampai 2 November 2022.

Plt Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ismail mengungkapkan pembatalan ASO Jabodetabek ini karena permintaan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) dalam surat nomor 021/ATVSI/K-S/IST/9.2022 pada 28 September 2022 yang dilayangkan ke Kominfo.

Surat tersebut oleh Ketua ATVSI Syafril Nasution, Sekjen ATVSI Gilang Iskandar, Direktur Utama RCTI Kanti Mirdiati, Direktur Utama SCTV Sutanto Hartono, Direktur Utama MNC TV Sang Nyoman Suwisma, Direktur ANTV R Deny Juliarto, Direktur Utama TV One Ahmad Rahadian Widarmana, Direktur Utama Trans TV dan Trans 7 Atiek Nur Wahyuni, serta Direktur Utama GTV Henry Suparman.

"ATVSI di mana direksi Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) tersebut di atas meminta agar ASO Jabodetabek tanggal 5 Oktober 2022 dibatalkan dan selanjutnya dapat dilaksanakan serentak pada tanggal 2 November 2022 sebagai mana wilayah siaran lainnya di Indonesia," ujar Ismail di Kantor Kominfo, Rabu (5/10/2022).

"Atas permintaan tersebut, maka ASO Jabodetabek ditunda dan akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB," sambungnya.

Di saat yang bersamaan, Sekjen ATVSI Gilang Iskandar mengungkapkan distribusi set top box gratis TV digital di Jabodetabek sudah disalurkan 96,4% atau sebanyak 462.038 unit kepada rumah tangga miskin ekstrem.

Tetapi di saat yang bersamaan, tingkat kesiapan masyarakat di Jabodetabek untuk beralih dari siaran TV analog ke TV digital masih rendah. Sehingga membutuhkan waktu bagi stasiun televisi untuk mengajak warga pindah ke siaran digital.

Mereka perlu waktu sebulan ini untuk menggencarkan sosialisasi bersama Kominfo. Tujuannya adalah supaya masyarakat segera beralih dengan cara memiliki set top box atau TV digital.

"Maka kita mengusulkan kepada Kominfo. Ini kita memanfaatkan untuk mengejar sosialisasi, kita punya waktu sedikit. Kita fokus tanggal 2 November 2022," ucap Gilang.

Meski ASO Jabodetabek diundur 2 November 2022, disampaikan Ismail, ATVSI dan LPS yang bersangkutan menyatakan kesediaan dan komitmen untuk melaksanakan seluruh langkah-langkah persiapan teknis ASO.

"Melalui sosialisasi yang masif, pendistribusian STB dan instalasi pada perangkat TV masyarakat yang berhak mendapatkan STB dimaksud," pungkas Ismail.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT