Set Top Box Gratis TV Digital di Jabodetabek Sudah 100% Disalurkan

Set Top Box Gratis TV Digital di Jabodetabek Sudah 100% Disalurkan

ADVERTISEMENT

Set Top Box Gratis TV Digital di Jabodetabek Sudah 100% Disalurkan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 03 Okt 2022 12:35 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Set Top Box Gratis TV Digital di Jabodetabek Sudah 100% Disalurkan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bantuan set top box gratis TV digital di wilayah Jabodetabek sudah 100% disalurkan. Suntik mati TV analog di Jabodetabek akan dilaksanakan pada 5 Oktober 2022.

Ada 14 kabupaten/kota yang terdampak Analog Switch Off (ASO) Jabodetabek, di antaranya Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kabupaten Kepulauan Seribu, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Dengan demikian, ASO Jabodetabek tinggal menunggu waktu sampai pada akhirnya 5 Oktober mendatang dimatikan dan digantikan siaran TV digital.

Sebagai informasi, penerima manfaat bantuan ini adalah mereka yang termasuk rumah tangga miskin ekstrem sesuai dengan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Selain itu memenuhi syarat mulai dari berada di wilayah yang terdampak ASO, memiliki perangkat TV analog, dan memiliki identitas diri (e-KTP).

Cara penyaluran set top box gratis TV digital ini tidak dilakukan langsung diberikan ke masyarakat secara door to door alias dari rumah ke rumah, tetapi difokuskan di satu tempat saja, yakni kelurahan. Adapun, sumber bantuan set top box gratis ini berasal dari penyelenggara multipleksing (mux) serta sisanya dibantu oleh pemerintah.

"Alhamdulillah teman-teman swasta rata-rata sudah selesai distribusi untuk keluarga miskin," ujar Direktur Penyiaran, Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia saat dihubungi detikINET, Senin (3/10/2022).

Namun Gery menyebutkan ada beberapa set top box gratis itu yang tidak dapat didistribusikan karena faktor penerima bantuan tersebut sudah meninggal, pindah alamat, dan keluarga yang tidak memenuhi kriteria bantuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Usai set top box gratis TV digital sudah disalurkan seluruhnya kepada rumah tangga miskin ekstrem, Kominfo mengungkapkan migrasi TV analog ke digital di Jabodetabek sudah dinyatakan siap. Sementara itu, masyarakat yang tidak termasuk penerima bantuan, maka diimbau untuk membeli set top box secara mandiri dengan rentang harga Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

"Sesuai kriteria ASO, seharusnya Jabodetabek sudah siap ASO," kata Gery.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT