Menkominfo: Penguatan Konektivitas Digital Harus People Centered

ADVERTISEMENT

Menkominfo: Penguatan Konektivitas Digital Harus People Centered

Atta Kharisma - detikInet
Sabtu, 03 Sep 2022 18:00 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Foto: Kominfo
Jakarta -

Pertemuan Menteri Ekonomi Digital atau Digital Economic Ministers'Meeting (DEMM) sebagai puncak dari pertemuan Digital Economic Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia 2022 telah berakhir. Dari hasil pertemuan tersebut, delegasi antar negara anggota G20 menyepakati tiga isu prioritas yang berkaitan dengan ekonomi digital.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pada Konferensi Pers di Hotel Mulia, Badung, Bali, Kamis (1/9).

Dalam kesempatan tersebut, Johnny menjelaskan isu prioritas pertama, konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, Menteri Ekonomi Digital negara G20 menyepakati beberapa pencapaian substansi yang disampaikan dalam sidang DEMM.

"Pencapaian tersebut untuk prioritas pertama konektivitas dan pemulihan pasca COVID-19, pertemuan menyepakati agar penguatan konektivitas digital harus bersifat people centered," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/9/2022).

Johnny menuturkan Delegasi Negara Anggota G20 juga menyepakati pentingnya keamanan digital sebagai kunci keberlanjutan bisnis. Selain itu, delegasi juga menyambut baik berbagai inisiatif Presidensi G20 Indonesia.

"Seperti G20 Digital Innovation Network (IDN), Digital Transformation Expo (DTE), dan inisiatif Small Village dan Small Island bersama dengan International Telecommunication Union (ITU)," imbuhnya.

Sebelumnya, Johnny mengungkapkan dokumen keluaran DEWG Presidensi G20 Indonesia terbagi menjadi dua bagian. Pertama, pencapaian kesepakatan substantif antara Menteri Ekonomi Digital di tiga isu prioritas DEWG G20. Kedua, rangkuman atas dinamika pembahasan para delegasi dalam menyikapi tantangan global.

"Dokumen tersebut menunjukkan bahwa untuk seluruh isi substantif Presidensi G20 Indonesia, telah memperoleh konsensus dari seluruh anggota delegasi sesuai isu prioritas DEWG," pungkasnya.

Dalam konferensi pers tersebut Johnny didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dan Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM Dedy Permadi.



Simak Video "Update Kominfo soal Jadwal Suntik Mati Siaran TV Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT