Yahoo, Roblox, LinkedIn, Steam Cs Belum Daftar PSE, Diancam Blokir

ADVERTISEMENT

Yahoo, Roblox, LinkedIn, Steam Cs Belum Daftar PSE, Diancam Blokir

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 21 Jul 2022 18:01 WIB
Roblox
Kominfo Kasih Ultimatum Steam, Roblox, Alibaba, Amazon Daftar PSE Sebelum Diblokir. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan ultimatum kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang belum mendaftar. Roblox, LinkedIn, Steam, Amazon, Alibaba, Epic Games dan Dota terancam diblokir Kominfo.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Google beserta tiga layanan lainnya saat ini sedang dalam proses pendaftaran PSE Lingkup Privat ke Kominfo.

"Barusan saya mendapatkan kabar Google melakukan pendaftaran empat lagi, selain Cloud dan Ads, yang sekarang itu YouTube, search engine, Google Maps, dan Play Store," ujar Semuel dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/7/2022).

Pada kesempatan yang sama, Semuel memperingatkan kepada PSE yang beroperasi di Indonesia, tetapi belum daftar PSE Lingkup Privat ke Kominfo, agar segera melakukan pendaftaran. Ultimatum ini dialamatkan kepada platform digital yang termasuk daftar 100 trafik terbesar.

"Kami fokus dulu kepada 100 trafik terbesar. Dari 100 trafik terbesar itu ada yang belum melakukan pendaftaran," kata Semuel.

Sejumlah PSE Lingkup Privat yang terancam diblokir tersebut, yaitu:

1. Roblox
2. Opera
3. LinkedIn
4. PayPal
5. Amazon
6. Alibaba
7. Yahoo
8. Bing
9. Steam
10. Dota
11. Epic Games
12. Battlenet
13. Origin
14. Counter-Strike

Terhitung sejak hari ini sampai lima hari waktu kerja atau tepatnya pada Rabu pukul 23.59 WIB, untuk melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat.

"Sekarang sedang disiapkan surat untuk yang tadi saya sebutkan yang belum mendaftar. Surat peringatan untuk segera melengkapi, kalau tidak proses pemblokiran akan berjalan," tegasnya.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dalam regulasi di atas pula disebutkan kalau Kominfo ditetapkan batas akhir pendaftaran, PSE Lingkup Privat, baik yang lokal maupun asing untuk mendaftarkan diri hingga 20 Juli 2022.



Simak Video "Update Kominfo soal Pemblokiran dan Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT