Sebenarnya Berapa Harga Set Top Box TV Digital?

Sebenarnya Berapa Harga Set Top Box TV Digital?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 10 Jun 2022 06:19 WIB
TRANS7 membagikan 1.000 unit Set Top Box  secara gratis ke masyarakat
Sebenarnya Berapa Harga Set Top Box TV Digital?. Foto: dok TRANS7
Jakarta -

Belum lama ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperbarui daftar set top box (STB) yang sudah tersertifikasi alias resmi. Namun, sebenarnya berapa harga set top box TV digital?

STB punya peranan penting yang membuat TV analog masih dimanfaatkan saat siaran TV digital mengudara. Dengan kemampuan Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2), TV analog dapat menangkap sinyal TV digital.

Mengingat saat ini pemerintah melalui Kominfo sedang melakukan penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital secara bertahap. Alhasil, masyarakat yang tidak termasuk keluarga miskin, diharuskan untuk membeli perangkat STB agar membuat TV analog miliknya dapat menangkap sinyal TV digital.

Berdasarkan data yang termutakhir per 4 Juni 2022, Kominfo memaparkan ada 70 unit dari berbagai merek dan jenis model serta tipe yang sudah tersertifikasi.

"Setiap perangkat televisi digital dan dekoder set top box DVBT2 yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, dimasukkan dan atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia diwajibkan untuk memperhatikan persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan," tulis Kominfo.

Kominfo juga mengimbau agar masyarakat membeli set top box tersertifikasi agar tidak berujung kecewa, seperti tidak dapat menerima siaran TV digital hingga layanan purnajual.

Untuk mengetahui harga set top box TV digital tersebut, detikINET mencoba menelusurinya dilihat dari yang dijual secara online, tepatnya e-Commerce.

Misalnya, Advan DVB-10KK harga mulai Rp 170 ribuan, Evercoss STB1 harga mulai Rp Rp 177 ribuan, Akari ADS-2230 harga mulai Rp 239 ribu, Matrix Apple DVB-T2 harga mulai Rp 215 ribuan, Polytron PDV600T2 harga mulai Rp 289 ribuan, maupun Tanaka T2 harga mulai Rp 188 ribuan.

Harga set top box TV digital memang berbeda-beda, tergantung dari fitur-fitur yang ditawarkan kepada konsumen. Kominfo sendiri mengungkapkan rentan harga perangkat ini di kisaran Rp 150 ribuan - Rp 300 ribuan.

Penghentian siaran TV analog ke TV digital dimulai 30 April 2022. Proses digitalisasi penyiaran ini merupakan cara transformasi digital di bidang penyiaran, yang mana siaran TV analog sudah mengudara lebih dari 60 tahun dan dinilai sudah usang.

Kominfo akan menerapkan suntik mati TV analog ini dalam tiga tahapan:

  • ASO Tahap 1 pada 30 April 2022 mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota
  • ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota
  • ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.


Simak Video "TV Analog Disetop, Ini Daftar 25 STB Penunjang Siaran TV Digital "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)