Mimpi Indonesia Bikin Komputer Kuantum

Mimpi Indonesia Bikin Komputer Kuantum

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Jun 2022 21:40 WIB
Menkominfo Johnny G Plate di acara Indonesia Digital Outlook 2022
Menkominfo Johnny G Plate (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Komputer kuantum dengan kemampuan super, sudah disiapkan negara tetangga. Indonesia jangan ketinggalan.

Karena, kemajuan teknologi diyakini dapat membantu suatu negara untuk lebih berkembang. Salah satunya adalah kemampuan computing yang bisa dimanfaatkan berbagai sektor.

Inilah yang membuat Indonesia juga tergerak untuk mengadopsi teknologi ke komputer canggih, komputer kuantum. Negara tetangga Singapura sudah menyiapkannya.

"Kita pun ditantang. Jangan sibuk dengan bisnis jangka pendek, menengah dan panjang. Harus siapkan (komputer kuantum). Kalau tidak, tertinggal," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di sela acara 'Indonesia Digital Outlook 2022: Encouraging the Acceleration of Sustainable Digital Transformation', di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2022).

Komputer kuantum adalah jenis teknologi komputasi yang menggunakan proses qubit, komputer ini jauh lebih canggih dari komputer biasa. Komputer kuantum mampu menyelesaikan suatu permasalahan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan komputer biasa.

Dengan kemampuannya, banyak negara berlomba untuk memanfaatkan komputer kuantum. Negara terdepan untuk isu ini Amerika Serikat dan Jepang, sementara negara lain memulai implementasinya, contohnya Singapura.

Menkominfo Johnny G Plate mengharapkan pemerintah bisa bertransformasi digital secara penuh. Apalagi, Indonesia masuk ke era kedaulatan baru yakni kedaulatan digital.

"Dulu zaman dulu kita melawan koloni dan merdeka, sekarang jangan sampai terbentuk koloni digital. Digital space kita harus bermanfaat, untuk itu pemerintah mesti ambil langkah sebagai regulator," tandasnya.



Simak Video "Menkominfo Pastikan RI Tak Pakai 5G yang Ganggu Penerbangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)