Siaran TV Digital Aman 'Diterjang' Hujan yang Bikin Gambar Semut

Siaran TV Digital Aman 'Diterjang' Hujan yang Bikin Gambar Semut

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 21:20 WIB
Remote  Kontrol TV.  dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Beda TV Analog, Siaran TV Digital Aman 'Diterjang' Hujan yang Bikin Gambar Semut. Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Kondisi cuaca tidak bersahabat bisa membuat siaran televisi menjadi runyam hingga banyak semutnya. Namun ketika siaran TV digital mengudara nantinya, persoalan tersebut tidak akan lagi ditemukan masyarakat.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti. Disampaikannya juga bahwa siaran TV digital berbeda dengan layanan streaming.

"Jadi, frekuensi broadband dan broadcasting itu beda. Kalau TV digital menggunakan frekuensi broadcasting, kalau internet itu pakai frekuensi broadband. Ini beda jalurnya," tutur Niken.

Niken menambahkan persoalan siaran TV digital ketika listrik mati, yang membut masyarakat tidak bisa menonton program televisi dari stasiun TV.

"Kalau gerimis, siaran TV analog itu kan nggak bagus, ada bintik-bintiknya, kalau siaran TV digital itu tetap bagus, itu kelebihan TV digital," ucapnya.

Seperti diketahui, saat ini sedang dalam proses penghentian siaran TV analog atau dikenal dengan Analog Switch Off (ASO). Nantinya siaran TV analog tersebut akan dialihkan sepenuhnya ke siaran TV digital paling lambat 2 November.

Bagi masyarakat mampu, maka disarankan untuk membeli perangkat set top box. Sejauh ini, ada sekitar 57 set top box yang terakreditasi Kominfo.

"TV tabung masih bisa menikmati siaran TV digital asal menggunakan set top box yang sudah diakreditasi Kominfo. Tidak perlu ganti antena, beli kuota internet, parabola, hanya menambahkan set top box, tapi yang sudah terserifikasi Kominfo. Saat ini, banyak yang dijual tapi tidak tersertifikasi Kominfo itu tidak compatible ke TV," tuturnya.

Sedangkan, masyarakat tidak mampu, penyelenggara multipleksing (mux) yang dibantu Kominfo akan memberikan set top box gratis TV digital. Penerima bantuan ini berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)