Cara Cek Kapan Siaran TV Analog Dimatikan di Wilayah Anda

Cara Cek Kapan Siaran TV Analog Dimatikan di Wilayah Anda

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 23 Mei 2022 20:16 WIB
TV Analog
Foto: @jcomp via freepik
Jakarta -

Suntik mati TV analog sedang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang kemudian dialihkan ke siaran TV digital. Ini ada cara mudah agar mengetahui kapan TV analog dimatikan di wilayah kalian.

Pemerintah melalui Kominfo akan melakukan migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) dalam tiga tahap, yang dimulai 30 April sampai berakhir 2 November 2022.

ASO Tahap 1 diterapkan di 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota pada 30 April. Kemudian berlanjut ASO Tahap 2 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan terakhir ASO Tahap 3 diimplementasikan di 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Untuk mengetahui kapan siaran TV analog dimatikan, detikers bisa mengunjungi situs yang telah disediakan oleh Kominfo.

Cara Cek Kapan Siaran TV Analog Dimatikan di Wilayah Anda:

  • Kunjungi situs https://siarandigital.kominfo.go.id
  • Nanti kalian akan langsung dihadapkan pop up berisikan hitung mundur penghentian siaran TV analog. Jadwal dan wilayah terpajang sesuai penerapan masing-masing ASO.
  • Kalian ketik kota atau kabupaten asal kalian di kolom pencarian yang telah disediakan. Ingat, pencarian ini hanya untuk kabupaten dan kota, tidak sampai ke kelurahan atau tingkat lebih kecil lagi.
  • Misalkan, daerah detikers tinggal ada di Manokwari, tulis di kolom pencarian dan tekan "cari". Muncul informasi kapan siaran TV analog dimatikan di wilayah tersebut.

Kominfo menyediakan informasi seputar penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital.Kominfo menyediakan informasi seputar penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital. Foto: Screenshot

Bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog, perangkat televisi tersebut masih dimanfaatkan. Caranya dibantu dengan alat bantuan bernama Set Top Box (STB).

Apabila kalian termasuk kelompok keluarga miskin yang tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, maka penyelenggara multipleksing (mux) yang dibantu Kominfo akan memberikan bantuan set top box gratis TV digital.

Sebanyak 6,7 juta set top box gratis akan dibagikan sesuai penerapan penghentian siaran TV analog di masing-masing wilayah.

Sebagai informasi tambahan, meski ASO Tahap 1 sudah dilakukan pada 30 April kemarin, tetapi penerapannya baru sampai delapan kabupaten/kota.

Delapan kabupaten/kota yang dimaksud, yaitu Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti), Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

Kominfo mengungkapkan suntik mati TV analog wilayah ASO Tahap 1 akan terus diperluas seiring dengan distribusi set top box gratis TV digital.



Simak Video "Kominfo Akan Matikan TV Analog di Jabodetabek! "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)