Mudah! Cara Cek Apakah Televisi Anda Analog atau Digital

Mudah! Cara Cek Apakah Televisi Anda Analog atau Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 23 Mei 2022 06:16 WIB
TV Digital tersertifikasi kominfo
Mudah, Ini Cara Cek Apakah Televisi Anda Analog atau Digital. Foto: internet
Jakarta -

Penghentian siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital tengah dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia. Ada baiknya sejak saat ini kalian mengetahui apakah televisi masih analog atau sudah digital.

Sebab, TV analog tidak melulu berbentuk tabung atau masih hitam putih. Ada juga yang sudah berbentuk LED tapi masih kategori TV analog.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan laman yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui perangkat TV digital.

Cara Cek Televisi Anda Sudah Digital atau Analog

  • Akses ke situs Kominfo yang beralamatkan di https://siarandigital.kominfo.go.id
  • Lalu, pilih 'Perangkat TV Digital'
  • Setelah itu detikers ubah kategorinya di nama perangkat menjadi 'Televisi'
  • Selanjutnya, masukkan merek dan model/tipe televisi yang ingin kalian ketahui apakah sudah digital atau masih analog
  • Apabila dalam pencarian tersebut tidak berhasil ditemukan, maka perangkat televisinya masih analog

Proses suntik mati TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap, di mana Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 sudah dilakukan pada 30 April 2022 yang mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota.

Kemudian, ASO Tahap 2 yang mencakup 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota dengan paling lambat dilakukan 25 Agustus 2022. Lalu terakhir, ASO Tahap 3 di 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota pada 2 November 2022.

Bagi yang termasuk ke dalam keluarga miskin, penyelenggara multipleksing (mux) dibantu Kominfo akan memberikan perangkat Set Top Box (STB) gratis. Estimasi ada 6,7 juta unit set top box gratis TV digital dibagikan seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk keluarga mampu, pemerintah tidak akan memberikan subsidi. Artinya, detikers membelinya perangkat STB yang kini sudah tersedia secara offline maupun online.

Adapun, harga STB yang tersedia di pasaran sekarang itu berkisar antara Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan yang berbagai macam fitur unggulannya.

Bila sudah termasuk TV digital atau TV analog yang didukung STB, detikers sudah bisa menjajal siaran TV digital. Hal ini berkat adanya siaran simulcast, yaitu siaran analog dan digital yang dilakukan secara bersamaan oleh stasiun televisi.

Untuk mengecek sinyal digital di daerah kalian, bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV digital yang sudah tersedia di Play Store untuk pengguna berbasis Android dan App Store untuk perangkat iOS.



Simak Video "Kominfo Akan Matikan TV Analog di Jabodetabek! "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)