Netflix Setuju Bayar Rp 865 Miliar Untuk Sengketa Pajak

Netflix Setuju Bayar Rp 865 Miliar Untuk Sengketa Pajak

Josina - detikInet
Minggu, 22 Mei 2022 16:21 WIB
Netflix
Foto: Unsplash/Sayan Ghosh
Jakarta -

Layanan streaming Netflix telah menyetujui untuk membayar USD 59 juta atau sekitar Rp 866 miliar untuk menyelesaikan sengketa pajak di Italia.

Melansir dari ABC News, Minggu (22/5/2022) pembayaran tersebut mencakup pajak, denda, dan bunga yang terhitung dari Oktober 2015 hingga 2019. Netflix juga membentuk badan hukum Italia pada tahun ini yang akan menentukan beban pajak di Italia berdasarkan langgan penduduk lokal.

Jaksa di Milan mengatakan penyelidikan dipicu oleh kehadiran fisik infrastruktur teknologi di Italia, termasuk 350 server yang bertujuan menghasilkan pendapatan.

Penyelidikan oleh jaksa Milan yang berpendapat bahwa kabel dan server komputer yang digunakan oleh Netflix sama dengan kehadiran fisik di Italia, telah dipicu oleh pemeriksaan yang dilakukan oleh polisi pajak Italia.

Demikian Netflix pun menyambut baik penyelesaian yang mengakhiri kasus meliputi tahun pajak 2015 hingga 2019.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwenang selama penyelidikan ini dan, seperti yang selalu kami jelaskan, kami bertindak sepenuhnya sesuai dengan hukum pajak Italia dan internasional," kata Netflix dalam sebuah pernyataan.

Netflix mengungkapkan secara resmi akan membuka kantor di Roma awal bulan ini dengan mempekerjakan sekitar 70 karyawan.

Sementara itu Jaksa Milan di waktu lalu juga telah menyelidiki raksasa teknologi AS lainnya seperti Apple, Amazon dan Facebook untuk menghindari pajak, yang memungkinkan Italia untuk membayar denda dan pembayaran pajak beberapa miliar euro.



Simak Video "Netflix Bakal Luncurkan Fitur Live Streaming?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)